Fahdpahdepie Instagram Photos and Videos

Loading...


fahdpahdepie Fahd Pahdepie @fahdpahdepie mentions
Followers: 30,911
Following: 151
Total Comments: 0
Total Likes: 0

AMBON! Siapa yang di Ambon? Yuk kita ngopi dan diskusi. . @Regrann from @revolusikedaikopi - ...
Media Removed
AMBON! Siapa yang di Ambon? Yuk kita ngopi dan diskusi. . @Regrann from @revolusikedaikopi - Bung dan Nona ada saran kedai kopi mana yang menyenangkan untuk menjadi tuan rumah #kopdar #revolusikedaikopi Ambon? Di penghujung September antara 28-30 kita akan menyambangi Ambon, bagi ... AMBON! Siapa yang di Ambon? Yuk kita ngopi dan diskusi.
.
@Regrann from @revolusikedaikopi - Bung dan Nona ada saran kedai kopi mana yang menyenangkan untuk menjadi tuan rumah #kopdar #revolusikedaikopi Ambon? Di penghujung September antara 28-30 kita akan menyambangi Ambon, bagi komunitas, paguyuban, organisasi anak muda di #ambon yang siap berkolaborasi dengan RKK menggerakkan semangat perubahan anak muda Ambon, boleh banget hubungi @giila_ng . Sampai jumpa. #indonesia #youth #movement
Read more
Loading...
Kita sudah tidak muda lagi, tapi jangan tua dulu. Hidup masih perlu dirayakan dengan sejumlah jalan-jalan ...
Media Removed
Kita sudah tidak muda lagi, tapi jangan tua dulu. Hidup masih perlu dirayakan dengan sejumlah jalan-jalan dan makan-makan. Sesekali kita selfie, mengingatkan diri sendiri bahwa hidup ini juga tentang membahagiakan diri kita sendiri. Kita sudah tidak muda lagi, tapi jangan tua dulu. Hidup masih perlu dirayakan dengan sejumlah jalan-jalan dan makan-makan. Sesekali kita selfie, mengingatkan diri sendiri bahwa hidup ini juga tentang membahagiakan diri kita sendiri.
Rupiah melemah, cintamu jangan.
Media Removed
Rupiah melemah, cintamu jangan. Rupiah melemah, cintamu jangan.
Yuk follow @revolusikedaikopi dan dapetin positive vibes dari sana. <span class="emoji emoji1f4aa"></span>🏼<span class="emoji emoji1f4aa"></span>🏼<span class="emoji emoji1f4aa"></span>🏼
Media Removed
Yuk follow @revolusikedaikopi dan dapetin positive vibes dari sana. 🏼🏼🏼 Yuk follow @revolusikedaikopi dan dapetin positive vibes dari sana. 💪🏼💪🏼💪🏼
Cerita lainnya dari @revolusikedaikopi. Ketika itu waktu ngopi bareng Bung dan Nona di Surabaya. ...
Media Removed
Cerita lainnya dari @revolusikedaikopi. Ketika itu waktu ngopi bareng Bung dan Nona di Surabaya. Sampai jumpa di lainnya untuk bersama menarasikan imajinasi Indonesia masa depan. Cerita lainnya dari @revolusikedaikopi. Ketika itu waktu ngopi bareng Bung dan Nona di Surabaya. Sampai jumpa di lainnya untuk bersama menarasikan imajinasi Indonesia masa depan.
Selamat tahun baru hijriyah. 1 Muharram 1440 H.
Media Removed
Selamat tahun baru hijriyah. 1 Muharram 1440 H. Selamat tahun baru hijriyah. 1 Muharram 1440 H.
Loading...
Jangan henti peduli! Saudara kita di Lombok masih membutuhkan bantuan kita. Kemarin saja (11/9) ...
Media Removed
Jangan henti peduli! Saudara kita di Lombok masih membutuhkan bantuan kita. Kemarin saja (11/9) terjadi tiga kali gempa berkekuatan 5SR. Sebagian masyarakat masih trauma dan membutuhkan uluran bantuan kita. . Sambil menunggu realisasi bantuan pemerintah untuk membangun kembali ... Jangan henti peduli! Saudara kita di Lombok masih membutuhkan bantuan kita. Kemarin saja (11/9) terjadi tiga kali gempa berkekuatan 5SR. Sebagian masyarakat masih trauma dan membutuhkan uluran bantuan kita.
.
Sambil menunggu realisasi bantuan pemerintah untuk membangun kembali rumah tahan gempa merata, sebagian masyarakat sangat membutuhkan terpal dan selimut segera.
.
Untuk teman-teman yang terpanggil memberikan bantuan terpal dan selimut, bisa berdonasi melalui campaign yang sedang saya gerakkan bersama Sahabat Arief Rachman dari Lombok. Silakan ke tautan berikut ini untuk memberikan donasi/bantuan: https://m.kitabisa.com/gerakan1000terpal
.
Semoga bisa segera tercapai target dan terealisasikan bantuannya. Bantu sebarkan juga ya.
.
Jangan henti peduli! Mari bergerak!
Read more
SERIBU SENYUM & SALAH TAFSIR HADITS . “Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah.” Apakah ada ...
Media Removed
SERIBU SENYUM & SALAH TAFSIR HADITS . “Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah.” Apakah ada yang salah dengan hadits ini? . Waktu kelas 1 Tsnawiyah di pesantren, sepulang pelajaran ‘Mahfudhat’ saya langsung mempraktekkan nasihat itu di lapangan. Saya senyumi semua orang. Satu ... SERIBU SENYUM & SALAH TAFSIR HADITS
.
“Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah.” Apakah ada yang salah dengan hadits ini?
.
Waktu kelas 1 Tsnawiyah di pesantren, sepulang pelajaran ‘Mahfudhat’ saya langsung mempraktekkan nasihat itu di lapangan. Saya senyumi semua orang. Satu per satu. Tanpa kecuali. Tak ada yang terlewat.
.
Tetapi di depan asrama kelas tiga, saya dicegat, “Jangan cengengesan!” Hardik seorang kakak kelas. Senyum saya ciut. Di ujung pertigaan, saya berbelok ke ruang makan, lalu kembali tegar dan percaya diri untuk tersenyum pada seorang kakak kelas Aliyah. Tapi—
.
“Apa senyum-senyum?” Bentaknya gusar. Sejak saat itu, saya berpikir, pasti ada yang salah dengan hadits ini!
.
Keesokan harinya, saya bertanya kepada ustadz dan menceritakan apa yang saya alami. Ustadz itu terkekeh, tetapi ia tetap meyakinkan saya bahwa tak ada yang salah dengan hadits itu. Ia memberi saya sejumlah argumen, lalu meyakinkan saya untum meneruskan menebar senyum kepada semua orang.
.
Setelah itu, saya memutuskan untuk mempraktekkan di luar pondok. Mungkin hasilnya akan berbeda, pikir saya. Kemudian saya meminta izin untuk melakukan eksperimen itu—
.
Saya tersenyum pada sopir angkot. Saya tersenyum kepada pejalan kaki. Saya tersenyum kepada siapapun yang saya temui.
.
Pada kebanyakan pertemuan, senyum saya dibalas denga baik dan membuat saya bahagia. “Oh ini ya artinya sedekah?” Gumam saya. Tetapi saat saya tersenyum pada pengemis, ia merengut. Saat saya tersenyum pada preman terminal, saya kehilangan sejumlah uang saya.
.
“Jelas ada yang salah dari hadits ini!” Pikiran itu terus mendengung dalam kepala sepanjang perjalanan saya pulang ke pondok dengan berjalan kaki. Saya tak punya ongkos lagi. Uang saya raib gara-gara senyum pada preman terminal Guntur. Tentu bukan sedekah!
.
Tahun-tahun berlalu, pemahaman dan pengalaman hidup menempa saya. Hingga saya sampai pada kesimpulan bahwa tak ada yang salah dengan hadits itu—namun pemahaman kita tentangnya yang terlalu sederhana. Terlalu ‘letterlijk’.
.
(Bersambung ke kolom komentar)
Read more
Loading...
Sampai jumpa nanti sore teman-teman di Surabaya! . @Regrann from @revolusikedaikopi - Sore ...
Media Removed
Sampai jumpa nanti sore teman-teman di Surabaya! . @Regrann from @revolusikedaikopi - Sore nanti! @satuatapsby #surabaya #kopdar #revolusikedaikopi #youth #indonesia Sampai jumpa nanti sore teman-teman di Surabaya!
.
@Regrann from @revolusikedaikopi - Sore nanti! @satuatapsby #surabaya #kopdar #revolusikedaikopi #youth #indonesia
Umroh November masih dibuka. Buat teman-teman dan keluarga yang merencanakan perjalanan umrah ...
Media Removed
Umroh November masih dibuka. Buat teman-teman dan keluarga yang merencanakan perjalanan umrah di bulan Novemer, mari berangkat bersama @umrahleadershipseries. ULS mengedepankan fasilitas dan pelayanan untuk kelancaran ibadah umrah Anda dan keluarga. Umroh November masih dibuka. Buat teman-teman dan keluarga yang merencanakan perjalanan umrah di bulan Novemer, mari berangkat bersama @umrahleadershipseries. ULS mengedepankan fasilitas dan pelayanan untuk kelancaran ibadah umrah Anda dan keluarga.
@revolusikedaikopi terus bergerak. Kali ini kami menyambangi Malang dan memprovokasi anak-anak ...
Media Removed
@revolusikedaikopi terus bergerak. Kali ini kami menyambangi Malang dan memprovokasi anak-anak muda di sana untuk menggagas perubahan. . Saatnya anak-anak muda percaya diri dengan idenya, berani mengeksekusi karyanya, dan berjuang untuk seluas-luasnya manfaat serta kebaikan ... @revolusikedaikopi terus bergerak. Kali ini kami menyambangi Malang dan memprovokasi anak-anak muda di sana untuk menggagas perubahan.
.
Saatnya anak-anak muda percaya diri dengan idenya, berani mengeksekusi karyanya, dan berjuang untuk seluas-luasnya manfaat serta kebaikan untuk sebanyak mungkin orang.
.
Terima kasih @hansetowara @ghilmanhd dan teman-teman Malang yang sudah ikut berbagi. Besok kami akan bergerak ke Surabaya, membawa semangat kolaborasi positif anak muda ke sana.
.
Ayo Bung dan Nona, mari bergabung ke dalam revolusi ini. Bersama kita menarasikan imajinasi Indonesia masa depan!
Read more
Selalu membahagiakan bisa berbagi dengan anak-anak muda. Menjelajahi pikiran dan imajinasi ...
Media Removed
Selalu membahagiakan bisa berbagi dengan anak-anak muda. Menjelajahi pikiran dan imajinasi mereka, menyalakan harapan dan semangat di dada mereka. . Sebuah kehormatan tersendiri hari ini bisa berdiskusi dan berbagi kepada lebih dari 1,000 mahasiswa baru @ummcampus calon kader ... Selalu membahagiakan bisa berbagi dengan anak-anak muda. Menjelajahi pikiran dan imajinasi mereka, menyalakan harapan dan semangat di dada mereka.
.
Sebuah kehormatan tersendiri hari ini bisa berdiskusi dan berbagi kepada lebih dari 1,000 mahasiswa baru @ummcampus calon kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Tapak Suci, dan Hizbul Wathon.
.
Tetap semangat, terus berjuang, tumbuhlah menjadi agen-agen perubahan!
Read more
Loading...
KETIKA AKU BANYAK MENINGGALKANMU . Ketika aku banyak meninggalkanmu. Aku mulai kehilangan ...
Media Removed
KETIKA AKU BANYAK MENINGGALKANMU . Ketika aku banyak meninggalkanmu. Aku mulai kehilangan sikat gigi, deodoran, hingga korek kuping. . Di koporku ada tanganmu yang melipat baju, menyelipkan kaus kaki dan celana dalam, hingga sebuah salam perpisahaan yang tak ramah. “Hati-hati ... KETIKA AKU BANYAK MENINGGALKANMU
.
Ketika aku banyak meninggalkanmu. Aku mulai kehilangan sikat gigi, deodoran, hingga korek kuping.
.
Di koporku ada tanganmu yang melipat baju, menyelipkan kaus kaki dan celana dalam, hingga sebuah salam perpisahaan yang tak ramah. “Hati-hati di jalan. Jangan lupa telepon!”
.
Aku mengangguk mengiyakan. Baru satu kilometer, kamu sudah mengirim pesan: “Aku kangen!” Dan “Sikat gigi ketinggalan.” Juga pencukur janggut, pikirku.
.
Ketika aku banyak meninggalkanmu. Aku menyikat gigi dengan jari. Pasta gigi hotel selalu terasa seperti sabun mandi! Aku kangen salah memakai shampoo-mu, atau coba-coba memakai sabunmu, dan tentu saja pembersih muka yang selalu cerewet kau awet-awet itu.
.
Di depan cermin, aku baru ingat bahwa di hotel, di bandara, atau di tempat-tempat yang tak ada kamu di sana... kadang-kadang susah menemukan sisir. Lalu aku harus merapikan rambut dengan jemari, yang sela-selanya sangat kehilangan genggaman jari-jemarimu.
.
Ketika aku banyak meninggalkanmu. Aku seperti meninggalkan setengah diriku sendiri. Separuh dari hidupku. Yang membuat segalanya tak seimbang dan tak baik-baik saja.
.
Di atas pesawat, di kamar mandi hotel, di ruang-ruang seminar atau rapat yang aku hadiri... aku merindukanmu. Meski tak selalu terucap, tak selalu tersampaikan, tak selalu membuatku bisa menuliskannya.
.
Mudah-mudahan saja ini cukup. Ketika aku banyak meninggalkanmu. Semua ini banyak membuatku berpikir... betapa aku mencintaimu. Dengan segala meskipun dan tanpa semua tetapi.
.
Makassar-Surabaya, 7 September 2018
.
FAHD PAHDEPIE
Read more
Pikirkanlah sebuah angka, lalu kalikan dua, tambahkan enam. Hasilnya bagilah dua, lalu kurangi ...
Media Removed
Pikirkanlah sebuah angka, lalu kalikan dua, tambahkan enam. Hasilnya bagilah dua, lalu kurangi dengan angka pertama yang kalian pikirkan. Akan keberitahu hasil akhirnya: TIGA? Pikirkanlah sebuah angka, lalu kalikan dua, tambahkan enam. Hasilnya bagilah dua, lalu kurangi dengan angka pertama yang kalian pikirkan. Akan keberitahu hasil akhirnya: TIGA?
Hari Minggu besok (9/9) kita ketemu di Surabaya ya teman-teman. . Kolaborasi Positif Anak Muda ...
Media Removed
Hari Minggu besok (9/9) kita ketemu di Surabaya ya teman-teman. . Kolaborasi Positif Anak Muda menjadi tema diskusi yang akan kita santap bersama dengan tegukan kopi di @satuatapsby #kopdar #surabaya senja nanti di akhir pekan. . Mari Bung bersiap! Ajak teman juga komunitasmu, bersama ... Hari Minggu besok (9/9) kita ketemu di Surabaya ya teman-teman.
.
Kolaborasi Positif Anak Muda menjadi tema diskusi yang akan kita santap bersama dengan tegukan kopi di @satuatapsby #kopdar #surabaya senja nanti di akhir pekan.
.
Mari Bung bersiap! Ajak teman juga komunitasmu, bersama kita rawat imunitas berkarya dengan diskusi dan kolaborasi. Kita pertemukan setiap gagasan-gagasan kecil yang ada di benak kita supaya saling berkawan menjadi gagasan besar yang lebih berwarna. Sampai jumpa!
.
Psst, jangan lupa registrasi via WA, oh ya kaus RKK juga akan tersedia di lokasi, siap-siap beli! #event #indonesia #youth #revolusikedaikopi
Read more
Loading...
Bekerja, bersaudara, berdaya dan bahagia bersama. Itu filosofinya. Alhamdulillah kemarin saya ...
Media Removed
Bekerja, bersaudara, berdaya dan bahagia bersama. Itu filosofinya. Alhamdulillah kemarin saya bisa menyerahkan bonus buat teman-teman di kantor Digitroops, termasuk hadiah berlibur bersama ke Thailand bulan depan. Dari Direktur sampai OB Insya Allah berangkat semua. . Bagi saya, ... Bekerja, bersaudara, berdaya dan bahagia bersama. Itu filosofinya. Alhamdulillah kemarin saya bisa menyerahkan bonus buat teman-teman di kantor Digitroops, termasuk hadiah berlibur bersama ke Thailand bulan depan. Dari Direktur sampai OB Insya Allah berangkat semua.
.
Bagi saya, berbisnis adalah tentang berbagi. Bukan sekadar mengumpulkan pundi-pundi rezeki. Selama sehari, kita hanya punya waktu 24 jam. 8 jam di antaranya dipakai tidur. Sisa 16 jam. Dari 16 jam itu, mungkin 2 jam habis di jalan, 8-9 jam kita habiskan di kantor. Rugi betul jika waktu sepanjang itu tidak kita isi dengan persahabatan, persaudaraan, dan kebahagiaan.
.
Selain bekerja dan berusaha, kita juga perlu waktu untuk menghargai diri sendiri. Merayakan apa saja yang layak dirayakan.
.
Selamat berbahagia teman-teman Digitroops. Ini penghargaan atas kerja baik kita semua. Mudah-mudahan teman-teman dari kantor/unit bisnis lain bisa segera menyusul.
.
Abaikan semua pikiran dan perkataan buruk dari diri sendiri atau orang lain. Tetap fokus kejar impian dan prestasi.
.
.
Congrats @erlan99a @rezkyfathi @ghilmanhd @giila_ng dkk. Foto minus @dhanbree yang lagi ngurus paspor.
Read more
JANGAN SEPELEKAN KATA-KATA . Tahun 2005, saat pertama menginjakkan kaki di kampus @umyogya, ...
Media Removed
JANGAN SEPELEKAN KATA-KATA . Tahun 2005, saat pertama menginjakkan kaki di kampus @umyogya, di depan gerbang, ayah menahan saya untuk terus berjalan. Sambil memerhatikan ke sekeliling kampus yang megah itu, ayah saya bertanya penuh khawatir, “Bisa hidup di sini? Sendirian?” Ia menatap ... JANGAN SEPELEKAN KATA-KATA
.
Tahun 2005, saat pertama menginjakkan kaki di kampus @umyogya, di depan gerbang, ayah menahan saya untuk terus berjalan. Sambil memerhatikan ke sekeliling kampus yang megah itu, ayah saya bertanya penuh khawatir, “Bisa hidup di sini? Sendirian?” Ia menatap dalam ke arah saya. “Nggak apa-apa?” Lanjutnya. Ragu.
.
Saya melihat ke sekeliling. Di hadapan saya, gedung kembar berdiri menjulang. UMY boulevard membentang sejauh mata memandang. Saya menatap wajah ayah saya yang penuh khawatir, seraya menyeringai, “Tenang aja, Yah.” Jawab saya, “Nanti, dari rektror sampai satpam tahu siapa Fahd Pahdepie!”
.
Ayah tertawa. Rasa percaya dirinya yang kadang berlebihan, sering terasa sombong, ternyata turun dengan sempurna kepada anaknya. “Nanti kita lihat empat tahun lagi.” Katanya. Tersenyum.
.
Saya mengangguk.
.
Empat tahun kemudian. Saya lulus sebagai salah satu mahasiswa terbaik. Dan dari rektor sampai tukang soto ayam tahu siapa saya. Rektor tahu siapa saya barangkali karena saya kerap mewakili kampus di berbagai ajang lomba atau konferensi—selain kadang-kadang minta sumbangan organisasi, tentu saja. Tukang soto tahu saya karena kadang-kadang ngutang. Satpam tahu saya karena tak jarang ikut demonstrasi.
.
Tetapi saya sudah membuktikan kata-kata saya kepada ayah. Di hari kelulusan dan wisuda, ayah yang datang mengantar saya bilang, “Kejadian juga, ya?” Saya nyengir. Lalu menepuk dada.
.
Seringkali, yang membedakan kita dengan orang lain bukanlah kecerdasan, skill, atau bahkan keberuntungan, tetapi ‘mindset’. Sejauh mana kita menempatkan visi dan merancang jalan, membangun ruta untuk mencapai semua itu. Saat saya mengatakan bahwa saya akan dikenal dari mulai rektor sampai satpam di UMY, waktu itu mungkin saya hanya bercanda. Tetapi saya menempatkan sebuah ‘visi’ di sana.
.
Tak terasa, hingga kini kata-kata itu masih bergema. Minggu lalu, kelakar itu bahkan masih terasa tuahnya, panitia MATAF UMY 2018 bahkan masih merasa harus mengundang saya untuk berbicara kepada 5,500 mahasiswa baru UMY. Simak videonya di kanal Youtube saya (link di bio).
.
Jangan sepelekan kata-katamu!
.
FAHD PAHDEPIE
Read more
September calendar. #AustraliaAwards
Media Removed
September calendar. #AustraliaAwards September calendar. #AustraliaAwards
Loading...
Yang ini udah gede dan mulai males difoto. Kalau difoto, “Cuma sekali ya!” dan gak akan mau lagi.
Media Removed
Yang ini udah gede dan mulai males difoto. Kalau difoto, “Cuma sekali ya!” dan gak akan mau lagi. Yang ini udah gede dan mulai males difoto. Kalau difoto, “Cuma sekali ya!” dan gak akan mau lagi.
Mengapa anak muda harus melek politik? Mengapa anak muda harus peduli politik? Dan ternyata pilihan ...
Media Removed
Mengapa anak muda harus melek politik? Mengapa anak muda harus peduli politik? Dan ternyata pilihan untuk ‘terjun’ ke politik itu banyak sekali. Tak melulu jadi politisi, jadi caleg, atau lainnya yang lazim kita tahu selama ini. . Apa yang harus dilakukan anak muda di era ini? Apa peran ... Mengapa anak muda harus melek politik? Mengapa anak muda harus peduli politik? Dan ternyata pilihan untuk ‘terjun’ ke politik itu banyak sekali. Tak melulu jadi politisi, jadi caleg, atau lainnya yang lazim kita tahu selama ini.
.
Apa yang harus dilakukan anak muda di era ini? Apa peran yang bisa dikontribusikan anak muda di tahun politik ini? Bagaimana anak muda seharusnya menggalang perubahan dan memulai satu kerja besar untuk menyumbangkan hal-hal terbaik bagi bangsanya?
.
Simak wawancara saya bersama @dimas_okynugroho tentang anak muda dan politik. Tonton videonya di kanal Youtube saya: https://www.youtube.com/user/fahdisme
Read more
When your son want to copy your style. You feel like you are the best dad in the world.
Media Removed
When your son want to copy your style. You feel like you are the best dad in the world. When your son want to copy your style. You feel like you are the best dad in the world.
Mirip Papi nggak? <span class="emoji emoji1f601"></span>
Media Removed
Mirip Papi nggak? Mirip Papi nggak? 😁
Sabtu besok (8/9/18) pukul 09.00 saya akan berbagi bersama para mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah ...
Media Removed
Sabtu besok (8/9/18) pukul 09.00 saya akan berbagi bersama para mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang (@ummcampus). Silakan merapat dan ikut bergabung! Sampai jumpa. Sabtu besok (8/9/18) pukul 09.00 saya akan berbagi bersama para mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang (@ummcampus). Silakan merapat dan ikut bergabung! Sampai jumpa.
School time! “Pengen dianter sama Papiiiii!” mode on. Akibatnya semua telat ke sekolah. <span class="emoji emoji1f605"></span>
Media Removed
School time! “Pengen dianter sama Papiiiii!” mode on. Akibatnya semua telat ke sekolah. School time! “Pengen dianter sama Papiiiii!” mode on. Akibatnya semua telat ke sekolah. 😅
Follow @revolusikedaikopi for more inspirational quotes. Dan tentu saja undangan ngopi bareng...
Media Removed
Follow @revolusikedaikopi for more inspirational quotes. Dan tentu saja undangan ngopi bareng... Follow @revolusikedaikopi for more inspirational quotes. Dan tentu saja undangan ngopi bareng...
Apapun idenya.
Media Removed
Apapun idenya. Apapun idenya.
Saya akan menjadi pembicara pembuka di event ‘sociopreneurship’ ini tanggal 9 September di Surabaya. ...
Media Removed
Saya akan menjadi pembicara pembuka di event ‘sociopreneurship’ ini tanggal 9 September di Surabaya. #KamiMandiri #KamiPeduli Saya akan menjadi pembicara pembuka di event ‘sociopreneurship’ ini tanggal 9 September di Surabaya. #KamiMandiri #KamiPeduli
Salah satu nikmat luar biasa dalam hidup saya adalah sezaman dengan orang-orang baik dengan pikiran ...
Media Removed
Salah satu nikmat luar biasa dalam hidup saya adalah sezaman dengan orang-orang baik dengan pikiran yang cemerlang. Berjumpa dengan mereka, menyerap ilmunya, meneladani kebaikan-kebaikannya. Salah satu nikmat luar biasa dalam hidup saya adalah sezaman dengan orang-orang baik dengan pikiran yang cemerlang. Berjumpa dengan mereka, menyerap ilmunya, meneladani kebaikan-kebaikannya.
Mau kaos @revolusikedaikopi? Ini dijual. <span class="emoji emoji1f601"></span> Kalau berminat hubungi @giila_ng ya. 125K saja.
Media Removed
Mau kaos @revolusikedaikopi? Ini dijual. Kalau berminat hubungi @giila_ng ya. 125K saja. Mau kaos @revolusikedaikopi? Ini dijual. 😁 Kalau berminat hubungi @giila_ng ya. 125K saja.
Amelia nama anak ini. Kemarin, saat saya berkesempatan berbicara di depan 5500 mahasiswa baru ...
Media Removed
Amelia nama anak ini. Kemarin, saat saya berkesempatan berbicara di depan 5500 mahasiswa baru @umyogya. Ia menjadi salah satu dari puluhan orang yang mengacungkan tangan untuk bertanya. . Melihat moderator kebingungan memilih, saya berinisiatif, “Yang mau bertanya, lari ke depan!” ... Amelia nama anak ini. Kemarin, saat saya berkesempatan berbicara di depan 5500 mahasiswa baru @umyogya. Ia menjadi salah satu dari puluhan orang yang mengacungkan tangan untuk bertanya.
.
Melihat moderator kebingungan memilih, saya berinisiatif, “Yang mau bertanya, lari ke depan!” Ujar saya spontan.
.
Dari tribun atas, Amelia berlari, lalu sampai di depan dan naik ke atas panggung. Sambil terengah, ia mulai bertanya—pertanyaan yang mencengangkan semua orang.
.
“Kak, saya dari Papua Barat. Bagaimana caranya agar saya bisa mengajak teman-teman saya untuk sekolah lebih tinggi? Bagaimana caranya agar semua punya kesempatan yang sama seperti saya? Di sana, masih banyak yang belum mampu meneruskan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Kalaupun ada yang mampu, banyak sekali teman-teman saya yang tidak mau...” Di ujung, tangisnya pecah.
.
Ruangan mendadak senyap. Amelia terus menangis hingga moderator harus menenangkannya. Tiba-tiba, ruangan bergemuruh dengan tepuk tangan untuk menyemangati Amelia.
.
Sebentar saya tertegun. Amelia mengingatkan kepada saya bahwa Indonesia bukan Jakarta atau kota-kota besar lainnya—dan masih banyak yang harus kita perjuangkan untuk bangsa ini. Untuk pemerataan pembangunan, kesejahteraan, akses, dan lainnya.
.
Saya katakan kepada Amelia. “Raihlah prestasi, jadi yang terbaik, buktikan bahwa kamu luar biasa. Nanti kalau kamu pulang ke Papua... buat tak ada orang yang sanggup menolak inspirasi yang kamu pancarkan dari dirimu. Gerakkan mereka.”
.
Kita butuh lebih banyak anak muda seperti Amelia. Yang tidak berpikir hanya untuk dirinya sendiri. Yang siap menjadi agen-agen perubahan.
Read more
SOHIBUL HIKAYAT . Awalnya saya berpikir, bagaimana caranya saya harus berbicara kepada 5,500 ...
Media Removed
SOHIBUL HIKAYAT . Awalnya saya berpikir, bagaimana caranya saya harus berbicara kepada 5,500 orang anak-anak muda dan membuat mereka mendengarkan dengan saksama? . Saya sudah menyiapkan materi presentasi, mempersiapkan gestur yang menarik, juga berencana menerapkan sejumlah ... SOHIBUL HIKAYAT
.
Awalnya saya berpikir, bagaimana caranya saya harus berbicara kepada 5,500 orang anak-anak muda dan membuat mereka mendengarkan dengan saksama?
.
Saya sudah menyiapkan materi presentasi, mempersiapkan gestur yang menarik, juga berencana menerapkan sejumlah strategi NLP. Namun, akhirnya saya memutuskan untuk mengurungkan semua rencana itu. Saya memilih bercerita saja, berbagi apa adanya hal-hal yang ada pada diri saya.
.
Saya percaya, cerita selalu punya kekuatannya sendiri. Dan selalu berhasil. Hal yang sungguh-sungguh ada dalam diri kita dan keluar dari diri kita tak pernah gagal memerangkap orang dalam perhatian yang khidmat. Hanya itu yang saya lakukan, saya bercerita, bahkan kadang dengan suara berbisik...
.
Sebuah kehormatan bagi saya hari ini bisa berbagi cerita kepada 5,500 mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (@umyogya). Saya selalu berdoa, seandainya ada satu orang saja yang terinspirasi ketika membaca tulisan saya—atau satu orang saja yang tergerak menuju kebaikan ketika mendengar saya bicara. Itu semua sudah cukup bagi saya. Saya tak meminta apa-apa lagi.
.
Saya doakan ke-5,500 mahasiswa baru UMY ini kelak menjadi individu-individu luar biasa, yang membanggakan orang-orang tercinta di sekeliling mereka, menjadi kader yang memberi pencerahan, muda, mendunia. Kemudian bisa menceritakan kisah mereka untuk menginspirasi orang lain.
.
FAHD PAHDEPIE
.
#umy #mudamendunia #mataf2018
Read more
Teruslah melangkah...
Media Removed
Teruslah melangkah... Teruslah melangkah...
Satu terobosan dari @umrahleadershipseries. Silakan buat yang tertarik umrah tapi punya kendala ...
Media Removed
Satu terobosan dari @umrahleadershipseries. Silakan buat yang tertarik umrah tapi punya kendala keuangan. Boleh disebarkan. @Regrann from @umrahleadershipseries - Assalamu'alaikum Sahabat ULS saat ini Umrah Leadership Series punya program Umrah baru nih. Buat sahabat yang ... Satu terobosan dari @umrahleadershipseries. Silakan buat yang tertarik umrah tapi punya kendala keuangan. Boleh disebarkan.

@Regrann from @umrahleadershipseries - Assalamu'alaikum Sahabat ULS

saat ini Umrah Leadership Series punya program Umrah baru nih. Buat sahabat yang memiliki niat untuk melaksanakan Ibadah Umrah tapi dana nya belum mencukupi, yuk ikutan program baru kami "Umrah Dulu Bayar Kemudian" Insha Allah niat ibadah umrahnya dapat segera terlaksana.

Silahkan Hubungi kami Umrah Leadership Series
Untuk Informasi lebih lanjutnya

Customer Service
Mba Yanis : 081292609022 085695936822

Alamat Kantor Umrah Leadership Series (Pusat)
Jl. WR. Supratman Ruko Asri Plaza 1 No.2 Kp. Utan Ciputat - Tangerang Selatan - Banten
Kantor Cabang Bandung:
Jl. Sari Rasa 2B Sarijadi - Kota Bandung - Jawa Barat
Tlp : 021 - 22741265 022 - 8200 5720
Email: [email protected]
Read more
Untukmu yang masih terpenjara masa lalu. Hancurkanlah jeruji pikiran dan perasaan itu. Kesalahan ...
Media Removed
Untukmu yang masih terpenjara masa lalu. Hancurkanlah jeruji pikiran dan perasaan itu. Kesalahan adalah pelajaran, bukan hukuman seumur hidup! Cukup disesali dan jangan pernah diulangi lagi. . Selamat berhari Senin. Rayakan apa saja hari ini. Untukmu yang masih terpenjara masa lalu. Hancurkanlah jeruji pikiran dan perasaan itu. Kesalahan adalah pelajaran, bukan hukuman seumur hidup! Cukup disesali dan jangan pernah diulangi lagi.
.
Selamat berhari Senin. Rayakan apa saja hari ini.
Saya mungkin tidak punya lingkar pertemanan yang besar, tetapi lingkar pertemanan kecil yang ...
Media Removed
Saya mungkin tidak punya lingkar pertemanan yang besar, tetapi lingkar pertemanan kecil yang berusaha saya bangun sebisa mungkin memiliki kualitas yang baik. . Di antara beragam lingkar-lingkar pertemanan kecil yang saya bangun, geng Clayton 3168 ini punya kisah tersendiri. . Dulu ... Saya mungkin tidak punya lingkar pertemanan yang besar, tetapi lingkar pertemanan kecil yang berusaha saya bangun sebisa mungkin memiliki kualitas yang baik.
.
Di antara beragam lingkar-lingkar pertemanan kecil yang saya bangun, geng Clayton 3168 ini punya kisah tersendiri.
.
Dulu kami sama-sama kuliah di Melbourne, tetanggaan, main bareng, pikinik bareng. Alhamdulillah terus terjalin hingga sekarang. Bukan hanya menjadi sahabat, tetapi serasa keluarga.
.
Hari ini kami berkumpul, mengobrol, tertawa bersama, bertukar cerita, merayakan hal-hal yang oleh orang biasa tidak perlu dirayakan. Sayang beberapa ‘anggota’ yang lain tak bisa ikut hadir, tetapi tetap berkesan dan bermakna.
.
Dalam hidup ini, ada beberapa hal yang tak bisa kita pilih. Namun, teman dekat dan sahabat, selalu bisa kita pilih dan tentukan.
Read more
Selamat jalan Hamsad Rangkuti. Sastrawan yang karya-karyanya banyak saya baca ketika remaja.
Media Removed
Selamat jalan Hamsad Rangkuti. Sastrawan yang karya-karyanya banyak saya baca ketika remaja. Selamat jalan Hamsad Rangkuti. Sastrawan yang karya-karyanya banyak saya baca ketika remaja.
Teman-teman donatur yang baik, . Terima kasih atas kelembutan hatinya dan ketulusannya untuk ...
Media Removed
Teman-teman donatur yang baik, . Terima kasih atas kelembutan hatinya dan ketulusannya untuk berbuat bagi saudara-saudara kita di Lombok melalui #Gerakan1000Terpal. Donasi Anda, berapapun nilainya, akan sangat berharga bagi mereka. . Dalam 3 hari, donasi sudah terkumpul kurang ... Teman-teman donatur yang baik,
.
Terima kasih atas kelembutan hatinya dan ketulusannya untuk berbuat bagi saudara-saudara kita di Lombok melalui #Gerakan1000Terpal. Donasi Anda, berapapun nilainya, akan sangat berharga bagi mereka.
.
Dalam 3 hari, donasi sudah terkumpul kurang lebih 34 juta rupiah. Saya dan Arief tidak menyangka kekuatan solidaritas yang teman-teman tunjukkan bisa sebesar ini. Mudah-mudahan niat kecil dan langkah yang sederhana untuk menghadirkan 1000 terpal dan 1000 selimut ini bisa segera terwujud—apalagi jika ruang ikhtiarnya bisa diperlebar.
.
Kini, saya dan Arief ingin mengajak Anda menyebarkan tautan (link) donasi ini kepada jaringan yang lebih luas. Bisa melalui media sosial Anda, Facebook, Instagram, Twitter, WA, e-mail atau lainnya. Agar teman-teman lainnya ikut terlibat dalam gerakan kebaikan ini:
.
https://kitabisa.com/gerakan1000terpal .
Sebelumnya kami ucapkan terima kasih. Terima kasih karena Anda luar biasa!
.
Salam dari saudara-saudara dan adik-adik kita di Lombok.
.
Salam baik,
.
Fahd Pahdepie & Arief Rachman
Read more
Some of us are professional lovers, some are highly-dedicated hired haters.
Media Removed
Some of us are professional lovers, some are highly-dedicated hired haters. Some of us are professional lovers, some are highly-dedicated hired haters.
PENGHARGAAN . Saat saya tiba di rumah sepulang dari luar kota hari ini, ART di rumah mendatangi ...
Media Removed
PENGHARGAAN . Saat saya tiba di rumah sepulang dari luar kota hari ini, ART di rumah mendatangi saya dengan wajah yang sedih. Mukanya pucat. . “Pak, saya minta maaf, ya, Pak.” Ujarnya dengan suara bergetar. . Saya bingung, tentu saja. “Maaf kenapa?” Tanya saya. . “Itu tadi pecah. ... PENGHARGAAN
.
Saat saya tiba di rumah sepulang dari luar kota hari ini, ART di rumah mendatangi saya dengan wajah yang sedih. Mukanya pucat.
.
“Pak, saya minta maaf, ya, Pak.” Ujarnya dengan suara bergetar.
.
Saya bingung, tentu saja. “Maaf kenapa?” Tanya saya.
.
“Itu tadi pecah. Kesenggol sama saya. Nggak sengaja. Saya minta maaf, Pak.” Ia berusaha menjelaskan—penuh rasa bersalah.
.
Saya berjalan ke tempat yang ia tunjukkan. Melihat benda yang ia maksud.
.
Saya terdiam sejenak. Trofi kaca itu adalah salah satu penghargaan paling bergengsi dalam hidup saya, 2017 Outstanding Young Alumni Award dari @australiaawards dan Australia Global Alumni. Kini pecah berkeping-keping.
.
Melihat saya terdiam, ia sekali lagi memohon maaf. “Saya nggak sengaja, Pak.”
.
Saya menoleh ke arahnya.
.
Ia tertunduk.
.
Saya tahu trofi ini berharga buat saya. Tapi saya juga mengerti bahwa trofi hanyalah trofi. Tak lebih dari itu. Yang paling penting adalah alasan mengapa trofi ini diberikan kepada saya. Sekalipun saya kehilangan trofi ini, atau hancur berkeping-keping seperti sekarang, alasan mengapa trofi itu diberikan kepada saya tak akan hancur atau pergi. Saya tetap menjadi diri saya dengan segala hal yang membentuk diri saya—segala kualitas yang ada pada saya.
.
“Iya, nggak apa-apa,” ujar saya, “Lain kali lebih hati-hati aja. Jangan diulangi lagi.”
.
Wajahnya tampak kaget, sekaligus lega. Tetapi ia tetap meminta maaf, “Saya minta maaf ya, Pak.”
.
Saya mengangguk.
.
Tak lama, Kemi, anak kedua saya, menghampiri saya. “Papi, tadi itu kesenggol sama Mbak waktu mau ngambil handuk buat Kemi.” Katanya.
.
Saya tersenyum. Lalu menggendong Kemi.
.
Di dunia ini, banyak yang lebih penting dari penghargaan-penghargaan, apalagi sekadar trofi.
.
Mungkin saya punya alasan untuk marah, sedih, atau kecewa. Tetapi saya tak punya alasan untuk tidak bersyukur.
.
Jakarta, 25 Agustus 2018
.
FAHD PAHDEPIE
Read more
TERPAL DAN SELIMUT UNTUK PENGUNGSI GEMPA LOMBOK . Hari ini saya menonton liputan CNN Indonesia ...
Media Removed
TERPAL DAN SELIMUT UNTUK PENGUNGSI GEMPA LOMBOK . Hari ini saya menonton liputan CNN Indonesia dan MetroTV dari Lombok Barat dan Lombok Utara. Situasi di sana masih memprihatinkan. Sudah hampir satu bulan masyarakat Lombok mengungsi akibat gempa yang menghancurkan tempat tinggal ... TERPAL DAN SELIMUT UNTUK PENGUNGSI GEMPA LOMBOK
.
Hari ini saya menonton liputan CNN Indonesia dan MetroTV dari Lombok Barat dan Lombok Utara. Situasi di sana masih memprihatinkan. Sudah hampir satu bulan masyarakat Lombok mengungsi akibat gempa yang menghancurkan tempat tinggal mereka.
.
Pemerintah sudah mengucurkan dana langsung untuk membangun kembali rumah-rumah warga. Tapi proses membangun itu tentu akan butuh waktu. Para relawan dan berbagai lembaga filantropi juga terus bahu-membahu memberikan bantuan, baik berupa makanan, obat-obatan, dan lainnya.
.
Melihat berita di CNN Indonesia dan MetroTV tadi, sangat terasa kebutuhan terpal dan selimut begitu penting untuk para pengungsi Lombok. Pertama, karena rumah mereka belum layak huni (sebagian sudah mulai dalam proses pembangunan ulang, dengan desain tahan gempa). Kedua, karena mereka juga masih trauma terhadap gempa—apalagi masih sering terjadi gempa susulan.
.
Sejak dua hari lalu, saya dan seorang sahabat dari Lombok yang juga merupakan korban gempa, menggalang donasi untuk memberikan bantuan terpal dan selimut untuk para pengungsi gempa Lombok.
.
Alhamdulillah, dalam waktu dua hari, dana yang terkumpul sudah 25 juta. Kami berencana memberikan setidaknya 1000 terpal dan 1000 selimut untuk para pengungsi gempa Lombok. Mudah-mudahan terwujud dan terealisasi segera.
.
Ayo kawan-kawan yang punya kelebihan rezeki dan kelapangan hati, mari ikut berdonasi. Kita sukseskan gerakan 1000 terpal dan selimut ini.
.
Donasi bisa diberikan melalui tautan berikut ini: https://kitabisa.com/gerakan1000terpal (link lihat di bio)
.
Ayo, fastabiqul khoirot!
.
Salam baik.
.
FAHD PAHDEPIE
.
#JumatBerkah #LombokBangkit
Read more
Alhamdulillah, hingga hari ini, donasi #Gerakan1000Terpal untuk #LombokBangkit sudah terkumpul ...
Media Removed
Alhamdulillah, hingga hari ini, donasi #Gerakan1000Terpal untuk #LombokBangkit sudah terkumpul hampir Rp20 juta. Mari terus galang dan sukseskan program ini untuk saydara-saudara kita di Lombok. . Untuk teman-teman yang ini berdonasi, silakan ke tautan berikut ini: https://m.kitabisa.com/gerakan1000terpal ... Alhamdulillah, hingga hari ini, donasi #Gerakan1000Terpal untuk #LombokBangkit sudah terkumpul hampir Rp20 juta. Mari terus galang dan sukseskan program ini untuk saydara-saudara kita di Lombok.
.
Untuk teman-teman yang ini berdonasi, silakan ke tautan berikut ini: https://m.kitabisa.com/gerakan1000terpal (Semua laporan donasi transparan di sana, dana juga terkumpul di @kitabisacom dan akan disalurkan melalui KAUMY NTB)
Read more
Tumbuh di masa kini.
Media Removed
Tumbuh di masa kini. Tumbuh di masa kini.
Cara untuk hidup selamanya.
Media Removed
Cara untuk hidup selamanya. Cara untuk hidup selamanya.
Berdua saja. Di bawah pohon mangga. <span class="emoji emoji1f605"></span> Terima kasih untuk segalanya, terima kasih untuk hari ini ...
Media Removed
Berdua saja. Di bawah pohon mangga. Terima kasih untuk segalanya, terima kasih untuk hari ini @rizqaabidin. . Selamat Hari Raya Idul Adha dari kami berdua. Berdua saja. Di bawah pohon mangga. 😅 Terima kasih untuk segalanya, terima kasih untuk hari ini @rizqaabidin.
.
Selamat Hari Raya Idul Adha dari kami berdua. 🙏
Geng Agustus. <span class="emoji emoji1f382"></span>
Media Removed
Geng Agustus. Geng Agustus. 🎂
Alhamdulillah bisa berkumpul bersama keluarga. Bahagia. Full team.
Media Removed
Alhamdulillah bisa berkumpul bersama keluarga. Bahagia. Full team. Alhamdulillah bisa berkumpul bersama keluarga. Bahagia. Full team.
Selamat Hari Raya Idul Adha dari kami sekeluarga. Semoga keselamatan, keberkahan, dan rahmat ...
Media Removed
Selamat Hari Raya Idul Adha dari kami sekeluarga. Semoga keselamatan, keberkahan, dan rahmat Allah selalu melingkupi kita semua beserta keluarga. Mari ber-qurban, mari medekat. Kepada cinta dan kasih sayang. #TheHambalis #FullTeam Selamat Hari Raya Idul Adha dari kami sekeluarga. Semoga keselamatan, keberkahan, dan rahmat Allah selalu melingkupi kita semua beserta keluarga. Mari ber-qurban, mari medekat. Kepada cinta dan kasih sayang. 🙏 #TheHambalis #FullTeam
TERIMA KASIH UNTUK LUKA YANG PERNAH DIGORESKAN . —Untuk Fahd kecil, ketika usianya masih 8 tahun. . Hidup ...
Media Removed
TERIMA KASIH UNTUK LUKA YANG PERNAH DIGORESKAN . —Untuk Fahd kecil, ketika usianya masih 8 tahun. . Hidup ini berat. Balas dendam adalah hal yang menyenangkan. . Saya selalu takut menuliskan satu kalimat yang akan meracuni pikiran banyak orang. Tetapi hari ini saya ingin mengalahkan ... TERIMA KASIH UNTUK LUKA YANG PERNAH DIGORESKAN
.
—Untuk Fahd kecil, ketika usianya masih 8 tahun.
.
Hidup ini berat. Balas dendam adalah hal yang menyenangkan.
.
Saya selalu takut menuliskan satu kalimat yang akan meracuni pikiran banyak orang. Tetapi hari ini saya ingin mengalahkan semua ketakutan itu. Saya ingin menuliskan sesuatu yang paling saya takuti untuk saya tuliskan: Sebuah pembalasan. Ini untuk semua orang yang pernah merasakan sakitnya diremehkan, diinjak-injak, dikucilkan dan dibuang. Bayangkanlah sebuah tulisan yang didediksiakan untuk penulisnya sendiri. Tulisan ini saya dedikasikan untuk diri saya sendiri, waktu saya masih kecil.
.
Saya tumbuh dengan sebuah ingatan tentang kemarahan. Suatu hari di tahun 1994, seorang laki-laki datang ke rumah saya dengan kepal tangan dan amarah. Waktu itu hanya ada ibu, saya dan adik perempuan saya di rumah. Lelaki berumur 40 tahunan itu mencari ayah. Dia menggebrak meja dan membentak ibu. Ayah harus segera membayar utang hari itu juga, kata lelaki itu. Detik itu juga. Ibu tidak tahu apa-apa. Saya hanya terdiam menyaksikan ibu dicaci-maki seperti binatang. Adik perempuan saya menangis di bawah meja makan.
.
Sejak saat itu, hati saya terluka. Sakit hati menjadi sesuatu yang tak bisa saya hapus dari ingatan dan perasaan. Usia saya baru delapan tahun ketika semua itu terjadi. Sejak saat itu, saya menjadi anak laki-laki yang hati dan pikirannya dipenuhi dendam!
.
Beberapa bulan sebelum kejadian itu, usaha ayah saya bangkrut. Ia ditipu rekan bisnisnya yang kabur membawa hampir seluruh uang miliknya. Belum selesai, hidup yang berat menyisakan banyak sekali utang yang harus dia bayarkan. Kami kehilangan rumah, kendaraan, dan apa saja yang membanggakan.
.
(Bersambung ke kolom komentar)
Read more
PAK HAEDAR . Foto ini berbicara banyak. Beliau adalah Haedar Nashir, ketua umum salah satu ormas ...
Media Removed
PAK HAEDAR . Foto ini berbicara banyak. Beliau adalah Haedar Nashir, ketua umum salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia—bahkan dunia. Muhammadiyah nama ormas itu. . Dengan aset dan amal usaha bernilai ratusan triliun, dari rumah sakit, panti asuhan, pesantren, sekolah hingga ... PAK HAEDAR
.
Foto ini berbicara banyak. Beliau adalah Haedar Nashir, ketua umum salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia—bahkan dunia. Muhammadiyah nama ormas itu.
.
Dengan aset dan amal usaha bernilai ratusan triliun, dari rumah sakit, panti asuhan, pesantren, sekolah hingga universitas yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Jutaan kader juga terhubung dengan jejaring organisasi ini. Langkah-langkahnya, keputusannya, dan gerak organisasi ini tak jarang mempengaruhi arah kehidupan bangsa kita. Namun, semua itu tak mengubah kesederhanaan seorang Haedar Nashir.
.
Jika ia mau, saya kira, ia bisa menggunakan semua akses dan kewenangan yang dimilikinya untuk memiliki beragam fasilitas dan perlakuan istimewa. Sebagai sebuah organisasi besar berskala internasional, saya yakin semua itu bukan sesuatu yang sulit buat Muhammadiyah. Tetapi Pak Haedar tak memanfaatkan itu secara sewenang-wenang.
.
Sejauh yang saya tahu, ia selalu tampil sederhana dan apa adanya. Seperti terlihat di foto ini, ketika ia menunggu kereta dari Kediri ke Jogja. Usai meresmikan gedung SMA 1 Muhammadiyah Taman Sidoarjo. Pakaiannya sederhana, tak ada yang istimewa. Batiknya biasa saja. Bahkan ia tak canggung membawa tas ransel dan kardus oleh-oleh—duduk di tempat tunggu biasa tanpa meminta keistimewaan apapun.
.
Saya mendapatkan foto ini dari @davidkrisnaalka. Lama saya terdiam memerhatikannya. Di tengah segala kepalsuan yang melanda bangsa kita, di tangah segala kepongahan atas nama golongan dan kelompok tertentu, kita butuh lebih banyak pemimpin seperti sosok Pak Haedar. Yang sederhana, apa adanya, tetapi dalam kepalanya tersimpan kecemerlangan seorang pemikir. Dalam dadanya bersemayam kerendahatian seorang cendekia. Dalam dirinya tercermin akhlak seorang ulama yang sesungguhnya.
.
Sehat selalu Pak @haedarnashirofficial. Semoga Allah selalu merahmati dan melindungi Bapak. Terima kasih atas segala teladannya. Semoga keberkahan melingkupi kita semua.
.
Ya Allah, bisakah hamba mengamalkan nasihat Kiai Dahlan seperti ini, “Hidup hidupilah Muhammadiyah, jangan mencari penghidupan di Muhammadiyah.”
.
Salam takzim.
.
FAHD PAHDEPIE
Read more

Loading...