Loading Content...

Cerita tentang orang sejarah

Loading...


Unique profiles
28
Most used tags
Total likes
0
Top locations
Waerebo, Pura Luhur Petitenget Kerobokan, Borobudur
Average media age
812.1 days
to ratio
11
Rumah Karel Albert Rudolf Bosscha, lahir di Den Haag, Belanda, 15 Mei 1865 – meninggal di Malabar Bandung,  26 ...
Media Removed
Rumah Karel Albert Rudolf Bosscha, lahir di Den Haag, Belanda, 15 Mei 1865 – meninggal di Malabar Bandung,  26 November 1928  Hingga saat ini cerita tentang tuan kebun, nyaris selalu terdengar buruk dalam sejarah perkebunan di Hindia Belanda. Sejarawan Belanda Jan Breman, ... Rumah Karel Albert Rudolf Bosscha, lahir di Den Haag, Belanda, 15 Mei 1865 – meninggal di Malabar Bandung,  26 November 1928 
Hingga saat ini cerita tentang tuan kebun, nyaris selalu terdengar buruk dalam sejarah perkebunan di Hindia Belanda. Sejarawan Belanda Jan Breman, dalam karyanya Menjinakkan Sang Kuli (1997), mencatat cerita kejam perkebunan kepada pekerjanya.
Namun, di lahan yang dikelola oleh Karel Albert Rudolf Bosscha, belum terdengar cerita macam ini hingga sekarang. Sebagian orang di Bandung, Lembang dan Pangalengan tahu bahwa Bosscha yang kaya-raya karena perkebunan dan pabrik tehnya di Malabar, Pangalengan, adalah sosok tuan kebun dermawan.
Menurut Her Suganda, dalam Wisata Parijs van Java (2014), Bosscha telah mendirikan sekolah dasar vervoolgschool untuk anak-anak petani di kebunnya, menyumbang untuk membangun kampus ITB dan membangun observatorium Bosscha yang terkenal itu.
Bosscha termasuk salah satu pendukung politik etis yang diterapkan di Hindia Belanda sejak 1900. Salah satu butirnya terkait pembangunan pendidikan untuk orang-orang pribumi. Meski sekolah dasar yang dibangun derajatnya di bawah sekolah-sekolah untuk anak-anak Eropa atau para pembesar kala itu, akan tetapi tak banyak orang Belanda yang seperti sosok Bosscha yang peduli pada sekelilingnya (sumber: tirto.id)

Bagi mang Otir, penjaga makam Bosscha, dan bagi sebagian rakyat Pangalengan, Tuan Bosscha bukanlah seorang penjajah.
Jadi, kita tidak bisa menilai seseorang dengan kacamata hitam-putih. Selalu ada wilayah abu-abu yang mesti kita lihat dan maknai.
Read more
Loading...
Rumah tua di belakang saya ini dulunya punya Haji Sueb. Pada waktu meletus nya G30S/PKI tahun 1965, ...
Media Removed
Rumah tua di belakang saya ini dulunya punya Haji Sueb. Pada waktu meletus nya G30S/PKI tahun 1965, rumah ini dipakai oleh pimpinan gerakan yaitu Letkol Untung sebagai Pos Komando dalam rangka mempersiapkan penculikan terhadap tujuh Jendral TNI AD. . Pada tanggal 30 September 1965 pukul ... Rumah tua di belakang saya ini dulunya punya Haji Sueb. Pada waktu meletus nya G30S/PKI tahun 1965, rumah ini dipakai oleh pimpinan gerakan yaitu Letkol Untung sebagai Pos Komando dalam rangka mempersiapkan penculikan terhadap tujuh Jendral TNI AD. .
Pada tanggal 30 September 1965 pukul 24.00 WIB, dirumah ini, Pasukan Pasopati di briefing tentang pelaksanaan gerakan. Pasukan Pasopati bergerak menuju sasaran setelah menerima pengarahan dari Lettu Dul Arief.
.
Selanjutnya adalah sejarah, 7 orang jendral diculik dan di bawa ke sini untuk kemudian disiksa dan dibunuh (di rumah sebelah). .
Bagaimana kejadian persis nya pada malam itu? apakah ada hingar bingar pasukan Gerwani yang jejogetan bernyanyi genjer genjer di malam itu? Seberapa mirip dengan yang kita liat di film? Saya mencoba mencari jawabannya di lokasi kejadian aslinya. Tetapi rumah ini sangat sepi, menyimpan semua cerita di tahun 65 dalam sunyi.. Saya hanya berharap semoga tragedi semacam ini tidak terulang kembali. .
Salam Master TON
.
#sejarah #history #monumenpancasilasakti #lubangbuaya #jalanjalan .
Read more
Judul : Yang Hidup dan Mati Penulis : Rabindranath Tagore Penerbit : Diva Press Tebal : +380 hal Kondisi ...
Media Removed
Judul : Yang Hidup dan Mati Penulis : Rabindranath Tagore Penerbit : Diva Press Tebal : +380 hal Kondisi : Baru-Segel Harga : Rp 53.000,- Cerita-cerita Tagore melukiskan segala hal tentang Bengali. Setiap lembarnya menggambarkan kepekaannya terhadap kepedihan dan penderitaan. ... Judul : Yang Hidup dan Mati
Penulis : Rabindranath Tagore
Penerbit : Diva Press
Tebal : +380 hal
Kondisi : Baru-Segel
Harga : Rp 53.000,- Cerita-cerita Tagore melukiskan segala hal tentang Bengali. Setiap lembarnya menggambarkan kepekaannya terhadap kepedihan dan penderitaan. Kita dapat menemukan ketidaksetujuannya terhadap pernikahan dini dan sistem mahar, perubahan hubungan tuan tanah dengan petani penyewa, semakin dalamnya jurang pemisah antara kota dan desa, hancurnya keadilan, pendiskriminasian kemanusiaan, hingga kekejaman dan korupsi pegawai.
Tagore adalah penulis Bengali yang mulai melihat cerpen sebagai sebuah bentuk seni yang serius, dan bukan sekadar hiburan untuk mengisi halaman-halaman majalah; ia adalah orang pertama yang menulis tentang kehidupan nyata dan kontemporer, dan bukan sejarah romantis ataupun mitos.
Kumpulan cerita terpilih ini patut dibaca untuk mengenal lebih jauh karya-karya Tagore.

#yanghidupdanmati #jualbukumurah #tokobukumurah #diskonbuku #bookstore #onlinebookstore #bookstime
Read more
[Day 1] <span class="emoji emoji1f4d6"></span> #FirstReader #TheUndergroundRailroad karya Colson Whitehead <span class="emoji emoji1f4d6"></span>. . <span class="emoji emoji1f33f"></span> Cora merupakan ...
Media Removed
[Day 1] #FirstReader #TheUndergroundRailroad karya Colson Whitehead . . Cora merupakan generasi ketiga yang lahir menjadi budak di perkebunan kapas Randall. Sebelumnya neneknya, Ajjary, diculik di tanah kelahirannya, Afrika, untuk dijadikan budak di Amerika. Lalu ibunya, ... [Day 1] 📖 #FirstReader #TheUndergroundRailroad karya Colson Whitehead 📖.
.
🌿 Cora merupakan generasi ketiga yang lahir menjadi budak di perkebunan kapas Randall. Sebelumnya neneknya, Ajjary, diculik di tanah kelahirannya, Afrika, untuk dijadikan budak di Amerika. Lalu ibunya, Mabel, yang lahir di perkebunan Randall, juga harus menjadi budak dan melahirkan Cora di sana. Namun berbeda dengan Ajjary yang menghembuskan napas terakhirnya di perkebunan Randall, Mabel lebih memilih kabur dari perkebunan tersebut. Meninggalkan Cora di sana sebatang kara, Mabel tak pernah kembali. Cora pun tumbuh menjadi anak yang mandiri dan kuat selama menjadi budak di perkebunan Randall. Cora juga merawat dan mempertahankan sepetak tanah kecil yang diwariskan oleh neneknya. Hanya sepetak tanah kecil itu lah harta yang Cora miliki. Tidak mudah hidup sebatang kara di perkebunan Randall, selain menghadapi majikannya, Cora juga harus menghadapi sesama kaumnya untuk hidup di sana. Banyak budak kulit hitam yang tidak suka dengan sosok Cora, hingga pada akhirnya Cora dipindahkan ke kabin Hob bersama budak-budak yang cacat dan terbelakang. Tak cukup disitu Cora juga secara tidak sengaja mendapatkan masalah dengan majikannya, Terrance Randall. Tidak mau hidup menderita lebih jauh, akhirnya Cora mulai memikirkan ajakan Caesar untuk kabur dari perkebunan Randall demi mendapatkan kebebasan. 🌿.
.
✨ "Para pria kulit putih melahapmu, tetapi kadang-kadang orang-orang hitam juga melakukan hal yang sama." (hal. 58-59) ✨.
.
💪 Berbeda dengan novel historical-fiction sebelumnya yang pernah saya baca, The Underground Railroad memiliki tema dan latar tentang perbudakan. Colson Whitehead ingin mengangkat awal mula isu rasisme di Amerika mulai berkembang. Mungkin sudah banyak novel dengan cerita rasisme, tapi melalui buku ini kita diajak untuk melihat sejarah bagaimana cikal bakal isu rasisme itu tumbuh. Penulis sukses menggambarkan kekejaman dari siksaan yang diterima oleh budak kulit hitam dalam sejarah Amerika yang kelam. Melalui tokoh Cora saya diajak untuk melihat bagaimana perjuangan kaum kulit hitam untuk hidup menjadi manusia yang bebas. #NovelElex #ElexMedia 💪
Read more
"You never really travel alone. The world is full of FRIENDS waiting to know you" Banyak yg ga percaya ...
Media Removed
"You never really travel alone. The world is full of FRIENDS waiting to know you" Banyak yg ga percaya kalo kmrn solo traveling. Sekarang banyak lho aplikasi keren yg bisa dimanfaatin. Sebulan sebelum berangkat, menghimpun teman adalah wajib! Dari situ aku tanya2 tentang tempat2 gratis ... "You never really travel alone. The world is full of FRIENDS waiting to know you"

Banyak yg ga percaya kalo kmrn solo traveling. Sekarang banyak lho aplikasi keren yg bisa dimanfaatin. Sebulan sebelum berangkat, menghimpun teman adalah wajib! Dari situ aku tanya2 tentang tempat2 gratis (wajib!), lokasi hostel strategis, not-to-do, dll.

Uniknya, ada banyak kisah drama pertemanan yang ga pernah aku bayangin. Teman pertama, Theo. Dia kasih full pack tips budget survive di SG. 1st meet up udah kaya drama korea, hujan2 di MRT station. Kaya ketemu Lonely Planet berjalan, dari pengalaman volunteer di Nepal, Bhutan, East Malay, dia juga hafal sejarah rumpun bahasa sampe jalur persebaran agama di dunia. Fix aku cuma rempahan rempeyek.
.
Lain cerita sama Dinah. Dia nawarin meet up seminggu sebelum aku dateng. Lucunya, walau gajadi ketemuan, kita kenal orang-asing yang sama. 2 hari sebelum pergi, aku ketemu traveler Italy di Jogja. Dia crita kalo ketemu cewek asik di SG. Aku bilang dong aku juga mau ke SG dan udah kenalan sama orang. Terrnyata kita ngomongin orang yang sama! Sempit banget ya 🌏

Highlight drama pertemanan ini di suatu malam minggu cerah di KL. Aku kenalan sama Jia, Malay-chinese tulen. Kita diner + dia bawa temen dari China. Nambah temen baru dong. Makan di resto India paling hitz habis itu diare parah.

Malam itu juga, aku janjian ketemu sama temen baru, Ibrahim. Dia ngebantu banget jawab semua pertanyaan absurdku ttg KL. 1st time ketemu, ternyata dia dari Palestine! Kagetnya belum selesai, dia bawa temennya dari Mesir dan Prancis. Biar lebih drama, pertemuan kita di sudut paling gaul KL, di club! Sambil sruput2 jus jeruk diantara gelasan beer, tips #1 stay cool!

Karena udah agak akrab, aku ditawarin dianterin pulang. Demi menghemat RM 7, malam minggu, di club paling gaul se-KL, ketemu 3 orang baru, dan dianterin pulang! Tbh di mobil aku track gmaps sambil share loc sama temen haha! Puncaknya, waktu lampu merah, Ibrahim noleh. Eh ada temen lamanya waktu jadi volunteer di jalur Gaza 10thn lalu! Lol bisa ya😂 Banyak bgt temen baru yg gabisa dicritain😊

Tips #2 : berani kenalan, niscaya semua lebih mudah
Tips #3 : do good and good will come to u
Read more
Bokap mertua itu orang yang irit ngomong, tegas, disiplin dan gak banyak basa basi. Kalau liat sesuatu ...
Media Removed
Bokap mertua itu orang yang irit ngomong, tegas, disiplin dan gak banyak basa basi. Kalau liat sesuatu di TV yang gak cocok sama dia atau ada pembahasan sesuatu meja makan yang gak sesuai nalar dia hanya keluar dua kata, “Omong Kosong!” Itu kata kata khas papi banget. Di rumah ada foto foto ... Bokap mertua itu orang yang irit ngomong, tegas, disiplin dan gak banyak basa basi. Kalau liat sesuatu di TV yang gak cocok sama dia atau ada pembahasan sesuatu meja makan yang gak sesuai nalar dia hanya keluar dua kata, “Omong Kosong!” Itu kata kata khas papi banget. 😅 Di rumah ada foto foto yang gue lihat beliau dengan beberapa tokoh penting yang ada di buku sejarah, tapi gak ada cerita yang keluar dari beliau tentang mereka. Prestasi memang gak butuh pengakuan diri, orang hebat itu akan dikisahkan oleh orang lain. Pameran “Namaku Pram” ini mungkin berkesan buat laki gue, karena pada masa itu papi adalah camat di Pulau Buru. Sepertinya buah jatuh tak jauh pohon, laki laki irit ngomong ini pun pernah bilang, “Gue bukan selebritis.” “Gue seniman, musisi dan gue pengen tanggung jawab dengan karir gue.” “Karena gue gak bisa atur orang akan mengenang gue seperti apa.” “Gitu aja.” Siap siap gue tar kalo udah tua berdebat dengan dia lalu diakhiri dengan dua kata itu, “Omong Kosong!” 😅
Read more
Loading...
Sejarah dibalik Tugu Juang, Kota Jambi Kawasan Simpang Tiga Sipin, menjadi saksi bisu perjuangan ...
Media Removed
Sejarah dibalik Tugu Juang, Kota Jambi Kawasan Simpang Tiga Sipin, menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Jambi saat agresi militer II. Banyak Kota di Indonesia, punya monumen sejarah yang menyimpan cerita perjuangan. Bila Anda melintasi Simpang Tiga Sipin, Kota Jambi, Anda akan ... Sejarah dibalik Tugu Juang, Kota Jambi

Kawasan Simpang Tiga Sipin, menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Jambi saat agresi militer II.
Banyak Kota di Indonesia, punya monumen sejarah yang menyimpan cerita perjuangan.

Bila Anda melintasi Simpang Tiga Sipin, Kota Jambi, Anda akan melihat sebuah patung pejuang membawa bambu runcing, masyarakat Jambi menyebutnya tugu juang.

Tugu ini dibangun untuk mengenang pertempuran pada 29 Desember 1946, saat agresi militer II. Junaidi T Noor, Sejawaran dan Budayawan Jambi mengatakan waktu itu pemerintah melakukan politik “Bumi Hangus Kota Jambi, Kenali Asam Menjadi Lautan Api”.
--
Inilah yang melatarbelakangi dibangunnya Monumen Tugu Juang di kawasan tersebut. “Sejumlah pertempuran yang pernah terjadi di Jambi, yang melatarbelakangi dibangunnya Tugu Juang di Simpang Tiga Sipin tersebut, adalah Pertempuran di Simpang Tiga Sipin antara pasukan Belanda dengan tentara dan rakyat RI. Pertempuran ini mengakibatkan gugurnya 100 orang tentara dan rakyat di sekitar Tugu Juang. Pemerintah dan TNI melaksanakan politik bumi hangus Kota Jambi, Kenali Asam menjadi lautan api,”.
--
Tugu Juang ini juga menggambarkan sejumlah pertempuran lain yang tercatat di sana. Misalnya, pertempuran Kapal TNI Alnuri I dengan kapal perang Belanda di Kuala Betara Tanjung Labu Kabupaten Tanjung Jabung.

Selanjutnya, pertempuran pasukan Selempang Merah bersama TNI di Sungai Pengabuan Kuala Tungkal yang menyerang kapal perang Belanda. Kemudian pertempuran antara TNI dan rakyat melawan pasukan Belanda di Batanghari, Tanjungjabung, Sarolangun, Bangko, Bungo Tebo dan Kerinci.

Tidak hanya catatan tentang pertempuran saja yang digambarkan di Tugu Juang. Tulisan yang didukung oleh gambar juga memuat sejumlah peristiwa penting, seperti lanjutan sidang UNCI (United Nation Comision onIndonesia) di Muaro Tembesi dan pembicaraan oleh lokal Oint Comitte di Jambi.

Hal inilah yang membawa pasukan-pasukan TNI dan pemerintah kembali ke Kota Jambi. Sejak hari itu, wilayah Jambi sepenuhnya dikuasai pemerintah Republik Indonesia.
.
.
.

Photo by: @angga_putera
Narration edit: @Taujambi
Source: Tribun Jambi

#TauJambi #Jambi #ExploreJambi #SajarahJambi #KotaJambi #TuguJuang
Read more
Hai saya Rahmat Arif nomor peserta 027 dalam pemilihan bujang gadis palembang tahun 2018, pengen ...
Media Removed
Hai saya Rahmat Arif nomor peserta 027 dalam pemilihan bujang gadis palembang tahun 2018, pengen bagi-bagi cerita nih ke kalian bukan tentang cinta-cintaan kok apalagi galau-galauan emang masih musim ? Haha Nah kali ini aku pengen kasih tau info mengenai salah satu wisata yang ada di ... Hai saya Rahmat Arif nomor peserta 027 dalam pemilihan bujang gadis palembang tahun 2018, pengen bagi-bagi cerita nih ke kalian bukan tentang cinta-cintaan kok apalagi galau-galauan emang masih musim ? Haha
Nah kali ini aku pengen kasih tau info mengenai salah satu wisata yang ada di kota palembang nih, semua udh pada tau kan ini apa namanya ? Ya benar “Masjid Agung Palembang”, terus cuma tau namanya aja ? Tau gak cerita dan sejarahnya ? Gk tau kan, nih aku kasih tahu ya biar pada kece-kece kalian. Hehe 😉
.
Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin atau biasa disebut Masjid Agung Palembang adalah sebuah masjid paling besar di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Masjid ini dipengaruhi oleh 3 arsitektur yakni Indonesia, China dan Eropa. Bentuk arsitektur Eropa terlihat dari pintu masuk di gedung baru masjid yang besar dan tinggi. Sedangkan arsitektur China dilihat dari masjid utama yang atapnya sepertikelenteng. Masjid ini dulunya adalah masjid terbesar di Indonesia selama beberapa tahun. Bentuk masjid yang ada sekarang adalah hasil renovasi tahun 2000 dan selesai tahun 2003. Megawati Soekarnoputri adalah orang yang meresmikan masjid raksasa Sumatera Selatan modern ini.
.
Tuh udah pada tau kan ceritanya, jadi jangan kudet lagi dong walaupun kita anak jaman now, tapi kudu tau dong semua yang sudah terjadi pada masa dahulu. Memang sih melihat ke belakang itu kadang buat galau apalagi kenangan masa lalu bersama dia, tapi kalau melihat kenangan masa lalu sejarah yang ada di kota palembang itu ngebuktiin kalau kita bener-bener cinta sama palembang. Ya gak tuh ? ☺️😉😍😎
#PBGP2018 #palembanghouseofspecta #everythingbeginsfromhere
Read more
Loading...
Ada cerita bagaimana saya yang dahulu tidak tahu apa-apa, akhirnya mulai mencari tau dan berusaha ...
Media Removed
Ada cerita bagaimana saya yang dahulu tidak tahu apa-apa, akhirnya mulai mencari tau dan berusaha mengenal Batik dengan cara yang berbeda. Seiring dengan populernya Batik yang dinobatkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO 2009 lalu, Batik jadi banyak dibeli dan digunakan sehari-hari. ... Ada cerita bagaimana saya yang dahulu tidak tahu apa-apa, akhirnya mulai mencari tau dan berusaha mengenal Batik dengan cara yang berbeda. Seiring dengan populernya Batik yang dinobatkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO 2009 lalu, Batik jadi banyak dibeli dan digunakan sehari-hari. Termasuk saya atau mungkin teman-teman sekalian.

Nah, ini dia awal ceritanya. Kira-kira tahun lalu, saya datang ke sebuah undangan pernikahan adat jawa menggunakan batik. Tetapi saya dianggap aneh! 😮 Itu pertama kalinya saya dapat pandangan sinis dari para tamu undangan juga keluarga ke dua mempelai karena menggunakan batik. Sempat bingung dan bertanya apa yang salah dengan baju yang saya kenakan. Tetapi seseorang menghampiri saya, beliau berkata bahwa batik yang saya kenakan merupakan batik motif parang yang melambangkan kepemimpinan dan strata sosial. Batik parang tidak cocok dipakai di acara pernikahan yang welas asih ini. Itu penyebab banyak orang yang menganggap saya aneh meskipun saya merasa tidak apa-apa.

Dari situ akhirnya saya tau, Batik bukan hanya selembar kain biasa. Batik menjadi berharga karena menyimpan filosofi mendalam tentang proses hidup dan sejarah yang menjadi budaya bagi bangsa kita. 😃
Gimana cerita batik kamu? @astyipw @dhesisiedudul @auriga598 #CeritaBatikku #LebihBerarti @lifeatbtpn
Read more
Roma 1:3-5, “Tentang Anak-Nya, yang menurut daging diperanakkan dari keturunan Daud, dan menurut ...
Media Removed
Roma 1:3-5, “Tentang Anak-Nya, yang menurut daging diperanakkan dari keturunan Daud, dan menurut Roh kekudusan dinyatakan oleh kebangkitan-Nya dari antara orang mati, bahwa Ia adalah Anak Allah yang berkuasa, Yesus Kristus Tuhan kita. Dengan perantaraan-Nya kami menerima kasih ... Roma 1:3-5, “Tentang Anak-Nya, yang menurut daging diperanakkan dari keturunan Daud, dan menurut Roh kekudusan dinyatakan oleh kebangkitan-Nya dari antara orang mati, bahwa Ia adalah Anak Allah yang berkuasa, Yesus Kristus Tuhan kita. Dengan perantaraan-Nya kami menerima kasih karunia dan jabatan rasul untuk menuntun semua bangsa, supaya mereka percaya dan taat kepada nama-Nya."
.
Paulus memulai kitab Roma dengan meninggikan Yesus Kristus sebagai “Anak-Nya” yang “diperanakan dari keturunan Daud.” Melihat dari fakta ini kita bisa tahu bahwa Yesus yang adalah “Firman” dan “Firman itu adalah Allah” (Yoh. 1:1). Ia mengambil rupa manusia dari keturunan Daud. Yesus itu 100% manusia dan juga Tuhan. Seorang Tuhan datang ke dunia ini sebagai manusia dan mati bagi kita semua untuk menebus dosa kita. Bisakah teman-teman lihat dalamnya kasih Tuhan? Kita tidak bisa mengerti sepenuhnya. Dan tema keselamatan melalui Yesus Kristus akan kita terus pelajari selamanya.
.
Paulus juga memulai kitab Roma dengan sebuah bukti bahwa Yesus bangkit dari antara orang mati. Teman-teman, kebangkitan Yesus dari antara orang mati itu bukanlah sebuah cerita belaka, tetapi itu adalah bukti. Kalau anda membaca dan mempelajari catatan sejarah, ada di dalamnya bahwa Yesus itu mati disalib dan bangkit dari antara orang mati. INI ADALAH FAKTA (lihat sejarawan sekuler yang menulis soal ini seperti Josephus). Terpujilah Yesus selama-lamanya. Paulus mau meyakinkan umat Tuhan di Roma dan bahkan kita, bahwa Yesus itu benar-benar bangkit dari dalam kubur, sehingga kita punya pengharapan akan kebangkitan pada kedatangNya yang kedua (1 Kor. 15).
.
Kalau cerita mengenai kebangkitan Yesus adalah kebohongan, apakah kira-kira rasul-rasul akan mengabarkan kabar ini dan bahkan mati bagi pekabaran akan kebangkitan Kristus? Rasul-rasul tahu, bahwa kebangkitan Yesus itu benar. Itulah sebabnya mereka bersiap untuk mengabarkannya dan bahkan mati bagi Kristus.
.
Kebangkitan Yesus adalah benar! Mari kita kabarkan ini sebagai fakta dan bukan cerita belaka.
.
#AyatAlkitabHarian
Read more
Sejarah tentang perjuangan orang Acheh menentang penjajah Belanda. Perjuangan mereka banyak ...
Media Removed
Sejarah tentang perjuangan orang Acheh menentang penjajah Belanda. Perjuangan mereka banyak dikhianati oleh musuh dalaman bahkan dalam kalangan pimpinan kanan mereka. Antara dialog dalam cerita ni... "Membunuh pengkhianat apalah susah, tetapi perlu ingat pengkhianatan takkan ... Sejarah tentang perjuangan orang Acheh menentang penjajah Belanda. Perjuangan mereka banyak dikhianati oleh musuh dalaman bahkan dalam kalangan pimpinan kanan mereka.

Antara dialog dalam cerita ni...
"Membunuh pengkhianat apalah susah, tetapi perlu ingat pengkhianatan takkan pernah berakhir.." P/s: boleh tengok cerita ini di Youtube tajuk Cut Nyak Dhien.
Read more
 #Repost @amilatun_nasibah with @get_repost ・・・ Alhamdulillah <span class="emoji emoji1f64f"></span> <span class="emoji emoji1f495"></span> JUM'AT BERKAH <span class="emoji emoji1f495"></span> Berawal ...
Media Removed
#Repost @amilatun_nasibah with @get_repost ・・・ Alhamdulillah JUM'AT BERKAH Berawal dari hobi travelling ,Berawal dari situ aku mengetahui segalanya dengan mengorek sejarah suatu hal yang ingin kuketahui. Begitu juga cerita singkat tentang Masjid yang ku kunjungi pada hari ... #Repost @amilatun_nasibah with @get_repost
・・・
Alhamdulillah 🙏 💕 JUM'AT BERKAH 💕

Berawal dari hobi travelling ,Berawal dari situ aku mengetahui segalanya dengan mengorek sejarah suatu hal yang ingin kuketahui. Begitu juga cerita singkat tentang Masjid yang ku kunjungi pada hari ini. Jika mengunjungi Masjid ini akan terasa seperti masjid di Madina, nama NAMIRA diambil dari Nama Masjid di Arafah,Arab saudi. Mulai dari sana saya belajar berbuat baik. Pendiri Masjid Namira memberikan contoh agar berbuat baik dengan cara apapun termasuk bersedekah hal kecil seperti memberikan Makanan kepada setiap orang yang singgah untuk beribadah tempat ini. Begitu juga memberikan fasilitas yang nyaman disana sehingga masyarakat sering dan betah untuh singgah disana. Meskipun yang singgah hanya sekedar untuk beristirahat, beribadah, mengaji, dll. Yang terpenting digunakan untuk hal baik.

Berawal dari cerita tersebut, pendiri dan juga pengelola masjid ini begitu antusias dalam berlomba lomba untuk istiqomah berbuat kebaikan. Satu kata Istiqomah Merupakan satu kata gampang terucap, akan tetapi menjalankan makna dari kata itu sangat sulit. Sesulit apapun kata tersebut, tetap istiqomah biar pelan yang penting konstan, biarpun sedikit yang terpenting rutin. Jikalau merasa lelah, ingat kepada Allah swt dan Bagaimana keinginan awal yang ingin berbuat baik 🙏

S.E.K.I.A.N
Terimakasih 🙏

#alwafafotochallenge
#lebaranmenginspirasi
#alwafahijab
#hijabfashion
Read more
Loading...
Udah bisa ditonton episode 3 ni, video #MantapMelangkahbarengmasDanang , yang udah nonton dari episode 1, makasi ya, lanjut kita? Okeee, mantap, setelah kemarin ada @henryhabayahan pendiri rumah produksi @neobunglon, kita melangkah menuju orang ke 3. Seorang bapak 3 anak yang dari ... Udah bisa ditonton episode 3 ni, video #MantapMelangkahbarengmasDanang , yang udah nonton dari episode 1, makasi ya, lanjut kita? Okeee, mantap, setelah kemarin ada @henryhabayahan pendiri rumah produksi @neobunglon, kita melangkah menuju orang ke 3. Seorang bapak 3 anak yang dari awal gue ketemu, auranya positif banget, dia cerita bagaimana dia menjalani setiap perannya dalam perjalanan menjadi seorang celebrity barber dengan amat sangat positif, dia menyadari apapun kesulitan yang dia hadapi, apapun jalan dan peran yg dieberikan YME untuknya adalah proses untuk menjadi apa yang dia impikan. Di video kali ini, lo akan sedikit belajar tentang sejarah dari sebuah kata sakral untuk mas gempal gondrong ini yaitu ‘BARBER’ jadi buat lo yang siap #MantapMelangkah jadi seorang tukang cukur, bisa denger dan dapat petunjuk langsung dari yang sudah lebih dulu melangkah ke profesi yang sudah hadir dari jaman mesir kuno ini. Yah seperti biasa #DongengemasDanang selengkapnya tentang pria berhati besar ini ada di description youtube eps.3 yaaa, semangat terus!!!
Read more
With Indonesian Ambasador for Azerbaijan, Bapak Husnan Bey Fananie, senior di Gontor, Pakistan ...
Media Removed
With Indonesian Ambasador for Azerbaijan, Bapak Husnan Bey Fananie, senior di Gontor, Pakistan dan Islamic History. Tajamu' sembari mendengarkan cerita beliau tentang Azerbaijan, Laut Kaspia, orang-orang Kaukakus dan sejarah Nabi Nuh oke juga..... #indonesianambassador #faisalmosque ... With Indonesian Ambasador for Azerbaijan, Bapak Husnan Bey Fananie, senior di Gontor, Pakistan dan Islamic History.
Tajamu' sembari mendengarkan cerita beliau tentang Azerbaijan, Laut Kaspia, orang-orang Kaukakus dan sejarah Nabi Nuh
oke juga..... #indonesianambassador #faisalmosque #islamabad
Read more
Tidak jauh dari tempat tinggal mimin, tepatnya dukuh gendol desa tambak kecamatan mojosongo boyolali ...
Media Removed
Tidak jauh dari tempat tinggal mimin, tepatnya dukuh gendol desa tambak kecamatan mojosongo boyolali juga terdapat pohon leses besar berumur ratusan tahun. Pohon leses ini berada di area perkebunan warga di selatan dukuh gendol, sebenarnya ada 2 pohon leses seperti ini satu lagi ada ... Tidak jauh dari tempat tinggal mimin, tepatnya dukuh gendol desa tambak kecamatan mojosongo boyolali juga terdapat pohon leses besar berumur ratusan tahun.
Pohon leses ini berada di area perkebunan warga di selatan dukuh gendol, sebenarnya ada 2 pohon leses seperti ini satu lagi ada di dukuh tambak di dekat sungai tambak tidak jauh dari lokasi pohon ini.
Banyak mitos dan cerita berbagai versi tentang sejarah pohon raksasa ini.. yang paling terkenal adalah 2 pohon leses yang berada di tempat berbeda ini konon katanya adalah 2 orang pasangan pengantin yang dikutuk menjadi pohon, jika suatu saat akarnya bersatu maka akan kembali menjadi manusia.
Duh serem banget ya.. tetap ya guys, semua kembali ke kepercayaan masing-masing ya.
Fyi, Dukuh gendol yang selama ini dikenal dengan buah duriannya ternyata menyimpan banyak potensi wisata yang tersembunyi.
Siapa nih yang asli dukuh gendol desa tambak mojosongo boyolali? 😊
#dolanboyolali
Read more
Loading...
Foto dari @ashari.riri Di Ambil Di Leses Dukuh Gendol Desa Tambak Kecamatan Mojosongo, Boyolali. • Pesona ...
Media Removed
Foto dari @ashari.riri Di Ambil Di Leses Dukuh Gendol Desa Tambak Kecamatan Mojosongo, Boyolali. • Pesona Pohon leses raksasa ternyata bukan hanya ada di Umbul Leses Soka Jenengan Sawit Boyolali lho guys, Tepatnya di dukuh gendol desa tambak kecamatan mojosongo boyolali juga terdapat ... Foto dari @ashari.riri Di Ambil Di Leses Dukuh Gendol Desa Tambak Kecamatan Mojosongo, Boyolali.

Pesona Pohon leses raksasa ternyata bukan hanya ada di Umbul Leses Soka Jenengan Sawit Boyolali lho guys, Tepatnya di dukuh gendol desa tambak kecamatan mojosongo boyolali juga terdapat pohon leses besar berusia ratusan tahun.
Pohon leses ini berada di area perkebunan warga di selatan dukuh gendol, sebenarnya ada 2 pohon leses seperti ini satu lagi ada di dukuh tambak di dekat sungai tambak tidak jauh dari lokasi pohon ini.
Banyak mitos dan cerita berbagai versi tentang sejarah pohon raksasa ini.. yang paling terkenal adalah 2 pohon leses yang berada di tempat berbeda ini konon katanya adalah 2 orang pasangan pengantin yang dikutuk menjadi pohon, jika suatu saat akarnya bersatu maka akan kembali menjadi manusia.
Duh serem banget ya.. tetap ya guys, semua kembali ke kepercayaan masing-masing ya.
Fyi, Dukuh gendol yang selama ini dikenal dengan buah duriannya ternyata menyimpan banyak potensi wisata yang tersembunyi.

#dolanboyolali
#boyolali
#indonesia
Read more
Foto dari @danarsibolang Di Ambil Di Leses Dukuh Gendol Desa Tambak Kecamatan Mojosongo, Boyolali. • Pesona ...
Media Removed
Foto dari @danarsibolang Di Ambil Di Leses Dukuh Gendol Desa Tambak Kecamatan Mojosongo, Boyolali. • Pesona Pohon leses raksasa ternyata bukan hanya ada di Umbul Leses Soka Jenengan Sawit Boyolali lho guys, Tepatnya di dukuh gendol desa tambak kecamatan mojosongo boyolali juga terdapat ... Foto dari @danarsibolang Di Ambil Di Leses Dukuh Gendol Desa Tambak Kecamatan Mojosongo, Boyolali.

Pesona Pohon leses raksasa ternyata bukan hanya ada di Umbul Leses Soka Jenengan Sawit Boyolali lho guys, Tepatnya di dukuh gendol desa tambak kecamatan mojosongo boyolali juga terdapat pohon leses besar berusia ratusan tahun.
Pohon leses ini berada di area perkebunan warga di selatan dukuh gendol, sebenarnya ada 2 pohon leses seperti ini satu lagi ada di dukuh tambak di dekat sungai tambak tidak jauh dari lokasi pohon ini.
Banyak mitos dan cerita berbagai versi tentang sejarah pohon raksasa ini.. yang paling terkenal adalah 2 pohon leses yang berada di tempat berbeda ini konon katanya adalah 2 orang pasangan pengantin yang dikutuk menjadi pohon, jika suatu saat akarnya bersatu maka akan kembali menjadi manusia.
Duh serem banget ya.. tetap ya guys, semua kembali ke kepercayaan masing-masing ya.
Fyi, Dukuh gendol yang selama ini dikenal dengan buah duriannya ternyata menyimpan banyak potensi wisata yang tersembunyi.
Siapa yang rumahnya deket pohon leses ini?

#dolanboyolali
#boyolali
#indonesia
Read more
Ibu ijatt yg ikut journey penuh kami dari #Aswara ke #IstanaBudaya Repost @shahrulmizad Saya ...
Media Removed
Ibu ijatt yg ikut journey penuh kami dari #Aswara ke #IstanaBudaya Repost @shahrulmizad Saya belanja sedikit untuk menjentik pancaindera anda. Betullah, setiap masalah ada penyelesaiannya. Akhirnya mereka masuk ke panggung. Apabila berdepan perihal bajet, tentunya tunggang ... Ibu ijatt yg ikut journey penuh kami dari #Aswara ke #IstanaBudaya
Repost @shahrulmizad
Saya belanja sedikit untuk menjentik pancaindera anda. Betullah, setiap masalah ada penyelesaiannya. Akhirnya mereka masuk ke panggung. Apabila berdepan perihal bajet, tentunya tunggang terbalik semua. Namun akal dan kreativiti itu penting kerana bila adanya kengkangan akan membuatkan anak seni itu berfikir secara rasional dan gunakan kemahiran yang ada. Dari tiada menjadi ada. Itu dah cukup. Moga kita sama2 menyokong segala usaha. Selamat belayar tanahakhirku

Tanahakhirku bukan cerita ringan. Ada cita-cita, perjuangan, permusuhan yang berakhir dengan trajedi. Jangan anda ingin terpesona dengan nyanyian, tarian atau kisah fantasi yang kita bayangi selama ini. Jangan terlalu mengharapkan kebahagian di akhir cerita. Tidak semua orang indah hidupnya. Moga pelakon dapat menyampaikan bait-bait dialog dengan cermat dan tertib. Di situlah kekuatannya. Ini kisah kita, daerah kita, sejarah kita mungkin. Ini tentang tanahair kita juga. Rumah kita. Kerana dia tanahakhirku!!!
#tanahakhirku
mei Fen Lim
Aloeng Silalahi
Mohammad Faez
Farah Ahmad
Naque Ariffin
Mohd Nurul Hazirin
Toemoe Zahid Jamal
Faizal Fauzi
Akmal Ahmad
Sri Idrina Silva
Arev Nazrey

Tahniah juga kepada mereka yang pernah bersama dalam pelayaran ini. Anda sebahagian dari mereka. Tidak dinafikan, anda turut berjasa. (laporan dari wartawan roti kaya)
Read more
Loading...
Apabila kamu bertanya kepada orang tentang darah, pasti akan mendapat beberapa tanggapan yang ...
Media Removed
Apabila kamu bertanya kepada orang tentang darah, pasti akan mendapat beberapa tanggapan yang cukup mengejutkan. Menurut cerita masyarakat Roma, salah seorang yang bernama James Harrison pernah menyelamatkan lebih dari 2 juta nyawa bayi. Hal ini juga bisa disebutkan jika darah seseorang ... Apabila kamu bertanya kepada orang tentang darah, pasti akan mendapat beberapa tanggapan yang cukup mengejutkan. Menurut cerita masyarakat Roma, salah seorang yang bernama James Harrison pernah menyelamatkan lebih dari 2 juta nyawa bayi. Hal ini juga bisa disebutkan jika darah seseorang dapat menyelamatkan orang lain.
.
Dari kejadian ini masyarakat Roma juga menghubungkannya dengan kepercayaan bangsa Romawi kuno yang mempercayai jika darah gladiotar yang mati dapat menyembuhkan epilepsi.
.
Selain itu, darah gladiator yang mati juga dipercaya oleh masyarakat Romawi kuno dapat menyerap vitalitas dari gladiator tersebut. Kemudian mereka yang ingin mendapatkan kekuatan dari gladiator bisa juga meminum darah sesorang yang telah meminum darah gladiator tersebut. Hal ini mirip dengan cara vampir yang meminum darah manusia.
.
Bagaimana pendapat kamu tentang darah gladiator ini?
.
#indonesia #cerita #mitos #fakta #sejarah #jakarta #konspirasi #luarangkasa #mitologi #misteri #ceritadanmitos #epilepsi #darahgladiator #gladiator #romawi
Read more
[ Waerebo, Nusa Tenggara Timur] Desa Waerebo adalah sebuah desa yang cukup terisolir karena ...
Media Removed
[ Waerebo, Nusa Tenggara Timur] Desa Waerebo adalah sebuah desa yang cukup terisolir karena jarak nya yang lumayan jauh dari kota. Memakan waktu sekitar 6 jam dengan menggunakan mobil dari kota Labuan Bajo. Terletak di atas pegunungan, untuk mencapai lokasi pemukiman warga Waerebo, ... [ Waerebo, Nusa Tenggara Timur]

Desa Waerebo adalah sebuah desa yang cukup terisolir karena jarak nya yang lumayan jauh dari kota. Memakan waktu sekitar 6 jam dengan menggunakan mobil dari kota Labuan Bajo. Terletak di atas pegunungan, untuk mencapai lokasi pemukiman warga Waerebo, kami harus berjalan kaki sekitar 2 jam dari kaki gunung. Tidak ada pilihan lain.
Menurut sejarah yang dituturkan oleh Marshel, salah seorang warga Waerebo, warga yang saat ini berjumlah sekitar 200 an orang, nenek moyang mereka berasal dari Minangkabau yang bermigrasi ke Labuan Bajo setelah sebelumnya singgah di Gowa, Sulsel untuk sementara waktu. Dari Dari Labuan Bajo kemudian mereka terus bermigrasi hingga ke sebuah dataran kecil di area pegunungan.
Marshel mengakui bahwa ia merupakan generasi ke 19 semenjak generasi pertama bermigrasi ke Waerebo.
Walaupun bentuk rumah adat mereka yang disebut rumah gendang sudah berbeda dengan rumah adat suku Minangkabau di Provinsi Sumatera Barat. Namum di atas rumah adat mereka tetap memasang tanduk kerbau sebagai lambang rumah adat mereka. Selain itu, sama seperti Rumah Gadang di Sumatera Barat, satu rumah dihuni oleh beberapa keluarga.
Kami menginap disana selama dua hari satu malam. Pada malam harinya, beberapa orang dewasa laki-laki memainkan alat musik khas mereka berupa gendang sambil menyanyikan lagu yang mempunyai makna dan cerita tentang kehidupan. Setelah mereka menampilkan pertunjukkan, Marshel menawarkan kami para tamu untuk menyanyikan lagu daerah masing-masing. Salah seorang tamu yang berasal dari AS menyanyikan lagu Hotel California, kami menyanyikan lagu Kampuang Nan Jauah Dimato, sebuah lagu yang berisikan pesan kerinduan perantau Minang akan kampung halaman nya.
Read more
Kemarin pas UFF. Mas @wirahardiyansyah bercerita tentang "Tumpeng" berdasarkan filosofi Sunda. ...
Media Removed
Kemarin pas UFF. Mas @wirahardiyansyah bercerita tentang "Tumpeng" berdasarkan filosofi Sunda. Berbentuk segitiga atau piramid ke atas: hubungan manusia kepada Pencipta-Nya, sedangkan segitiga di bawahnya, hubungan manusia dengan alamnya. Banyak sekali yang dibicarakannya, ... Kemarin pas UFF. Mas @wirahardiyansyah bercerita tentang "Tumpeng" berdasarkan filosofi Sunda. Berbentuk segitiga atau piramid ke atas: hubungan manusia kepada Pencipta-Nya, sedangkan segitiga di bawahnya, hubungan manusia dengan alamnya. Banyak sekali yang dibicarakannya, jadi nggak sabar utk menyelusuri "kuliner" yang terdapat di museum Fatahillah. Lain lagi cerita chef @dapuragil . Traveling adalah keharusan. Dari mengunjungi daerahdaerah, chef Ragil menemukan bahan bahan yang bisa di-explore, misalnya saja jamur Kulat palawan yang hanya tumbuh di Pulau Bangka. Jamur ini tumbuh dan mempunyai rasa yang lezat ketika petir menghampirinya-hanya tumbuh dua tahun sekali dan langka. Chef juga cerita tentang bahan bahan makanan di Flores yang bisa menjadi makanan bercita rasa tinggi dan ini jarang diketahui orang. Bagi Chef Wira dan Chef Ragil, makanan adalah perjalanan. Sebab perjalanan merupakan ilmu pengetahuan yang terpendam, dan sebagai manusia menemukannya adalah kekayaan yang tak ternilai. Thank you guys ❤
Terima kasih Chef Ragil yang telah membongkar rempah-rempah ajaibnya. Dan Mas Wira yang nggak lelah sharing sejarah kuliner. .

With @renzybinyoo
Loc: kitchen @nusagastronomy
#foodies #traveler #food #history #restaurant #gastronomy

Mendengar cerita mereka, selalu ada keterkaitan dalam hidup ini (ngedipin mata).
Read more
Recep Tayyeb Erdogan Beliau salah satu Tokoh Dunia dan Presiden favoritku. ` Sedikit berbagi ...
Media Removed
Recep Tayyeb Erdogan Beliau salah satu Tokoh Dunia dan Presiden favoritku. ` Sedikit berbagi cerita tentang Bangsa Turki. ` ~ Shubuh Mubarakah ~ DAHSYATNYA SHALAT SUBUH DAN TURKI TANPA HUTANG. Bismillahirrahmannirrahim... Prof. Didin Hafiduddin saat berceramah di Masjid ... Recep Tayyeb Erdogan
Beliau salah satu Tokoh Dunia dan Presiden favoritku.
`
Sedikit berbagi cerita tentang Bangsa Turki.
`
~ Shubuh Mubarakah ~

DAHSYATNYA SHALAT SUBUH DAN TURKI TANPA HUTANG.

Bismillahirrahmannirrahim...
Prof. Didin Hafiduddin saat berceramah di Masjid Al Irsyad (Jumat 24 /04/15) menceriterakan KEBANGKITAN BANGSA TURKI sekarang ini.
Pembangunan Nasional luar biasa tanpa bantuan pinjaman dari luar negeri (bandingkan dengan Indonesia yang hutangnya nomer 5 di dunia, sekarang mencapai Rp 3300 Triliun)

Pemerintah Turki saat ini mencanangkan 3 Program Nasional:
1. Gerakan shalat subuh berjamaah di masjid
2. Gerakan ekonomi umat (banyak dikuasai orang muslim)
3. Gerakan infaq sadaqah

GERAKAN SHALAT SUBUH DI MASJID, memperoleh sambutan luar biasa dan MENCENGANGKAN!!
Beliau menyaksikan bahwa SHOLAT SUBUH SAMA SEPERTI SHALAT JUM'AT. Membludak, penuh, luar biasa!
Dan yang lebih mencengangkan, para remaja Turki ke masjid dengan mobil² mewah di parkir dihalaman masjid.

Ternyata SHALAT SUBUH BERJAMAAH DI MASJID MENAMPILKAN RAHASIA YANG MENAKJUBKAN.
Berbagai kesulitan nasional Turki, nampaknya bisa dipecahkan dengan mulus dan lancar karena adanya shalat subuh yg berjamaah tsb.

Cerita Prof.Didin Hafiduddin ini tentang PERUBAHAN SOSIAL di TURKI mengingatkan sejarah yang diceriterakan di dalam Al Qur’an bahwa subuh ternyata juga menjadi WAKTU PERALIHAN DARI ERA JAHILIYAH MENUJU KE ERA TAUHID, dimana kaum ‘Ad, Tsamud, & kaum durhaka lainnya dilibas pada waktu subuh dan sebagai penanda berakhirnya dominasi jahiliyah dan munculnya cahaya tauhid.

Banyak sekali hadits yang mendorong untuk melaksanakan shalat subuh, dan menyanjung mereka yang menjaganya. Rasullullah SAW bersabda:
"Dua rakaat fajar (shalat sunnah sebelum subuh) lebih baik dari dunia dan seisinya." (HR.Muslim)
.
"Dan jika mereka mengetahui apa yang tersimpan di dalam shalat subuh dan isya’ maka mereka akan mendatanginya walau dengan merangkak." (HR.Bukhari)

Lalu...
APA YANG MENGHALANGI KITA SHALAT SUBUH DI MASJID???
Shalat subuh merupakan sumber dari segala sumber cahaya di Hari Kiamat.
`
. Dari @tonedekiko
Read more
|| 'Kiamat' Setiap Hari Masih Mengintai Suriah || . kiamat /ki·a·mat /hari kebangkitan sesudah ...
Media Removed
|| 'Kiamat' Setiap Hari Masih Mengintai Suriah || . kiamat /ki·a·mat /hari kebangkitan sesudah mati (orang yang telah meninggal dihidupkan kembali untuk diadili perbuatannya) . -- . Siapa tak kenal istilah kiamat. Siapa ingat bagaimana rasa takut yang menusuk tulang apabila digambarkan ... || 'Kiamat' Setiap Hari Masih Mengintai Suriah ||
.
kiamat /ki·a·mat /hari kebangkitan sesudah mati (orang yang telah meninggal dihidupkan kembali
untuk diadili perbuatannya) .
-- .
Siapa tak kenal istilah kiamat. Siapa ingat bagaimana rasa takut yang menusuk tulang apabila digambarkan bagaimana keadaan dunia saat hari itu tiba : bumi porak-poranda, gunung-gunung berterbangan dan amal manusia akan ditimbang baik buruknya
.
Ada cerita tentang 'kiamat' yang berbeda di Suriah, mungkin tak kita rasa dibalik kasur nyaman dan makanan hangat di meja makan. Kisah 'kiamat' dari ratusan ribu warga sipil tak berdosa yang sebelum hari akhir (kiamat besar) tiba, mereka telah melihatnya tepat di kedua bola mata
.
Hujan bom, rudal, roket, dan peluru yang sewaktu-waktu dapat menembus kepala atau dada mereka tak henti disaksikan setiap hari, sesering kita menyalakan televisi atau smartphone kesayangan. 500.000 jiwa telah menjadi korban keganasan pihak tanpa hati, meninggalkan anggota keluarga yang syahid atau kehilangan rumah dan anggota tubuh mereka
.
Tanpa ampun 7 tahun sudah konflik berdarah Suriah tak menemukan ujung penyelesaian. Entah intrik politik apalagi yang tengah dipermasalahkan, namun satu hal yang kita tahu bahwa lagi dan lagi nyawa-nyawa tak berdosa kembali melayang tanpa tebang pilih
.
Aleppo, Idlib, Ghouta, tiga daerah terdampak konflik kemanusiaan terparah sepanjang sejarah saat ini tengah berbagi cerita tentang bagaimana horror-nya menyaksikan kiamat setiap hari.
.
Mungkin mereka (manusia tanpa hati yang membuat 'kiamat' di Suriah) lupa, bahwa ada kiamat sesungguhnya yang menanti di depan mata. Kiamat sesungguhnya yang akan menjadi penentu siapa yang berhak berada di Firdaus atau Jahannam-Nya
.
Duka Suriah belum redup, ratusan ribu jiwa kini masih menanti bantuan kemanusiaan di daerah-daerah terisolir dengan pertanyaan besar : akan masih hidupkah mereka esok hari ?
.
#LetsACTIndonesia #Suriah #Syria #LetsHelpSyria #StopSuriahMemerahDarah #Humanity #Philantropy #Volunteerism #SaatnyaUmatSelamatkanUmat #SolidaritasKemanusiaanDuniaIslam
Caption by @actforhumanity
Read more
Kedokteran hewan? Itu berat.. (Orang-orang 2018) But we are doing what we love, and loving what ...
Media Removed
Kedokteran hewan? Itu berat.. (Orang-orang 2018) But we are doing what we love, and loving what we do. Katanya kalo cinta sih bikin kuat bertahan gitu. apasih duh Gusti... . . P.s. "Kalo dokter hewan pegang anjing gimana?" yaaaaaaaa dipegang aja wkw Sering ada salah presepsi kalo ... Kedokteran hewan? Itu berat.. (Orang-orang 2018)

But we are doing what we love, and loving what we do.
Katanya kalo cinta sih bikin kuat bertahan gitu. apasih duh Gusti... .
.
P.s. "Kalo dokter hewan pegang anjing gimana?"
yaaaaaaaa dipegang aja wkw
Sering ada salah presepsi kalo najis itu artinya haram untuk dilakukan
padahal bukan gitu
Islam ngga mengajarkan untuk anti sama hewan najis kok...
Bahkan dalam sejarah terkisah banyak cerita tentang kemuliaan hewan ini
Kalo kena najis, ya disucikan
Semua dalil tentang tata cara bersuci sudah tersedia :)
Menolong sesama makhluk Allah itu mulia..
Jadi kita boleh banget berinteraksi dengan syarat menyucikan diri dari hadastnya setelah itu... .
.
"Ribet dong......."
Ngga kok. kan cinta. WKW
Read more
“Three yellow paper man” Tiga orang yang punya cerita tentang sebuah kertas kuning yang setiap ...
Media Removed
“Three yellow paper man” Tiga orang yang punya cerita tentang sebuah kertas kuning yang setiap kertasnya punya tujuan dan cerita tersendiri. Yang pada akhirnya ketiga kertas itu hanya jadi sejarah dan memiliki cerita unik di belakangnya. Good luck guys. Tong poho di kosan si ikiw. <2/2> “Three yellow paper man”
Tiga orang yang punya cerita tentang sebuah kertas kuning yang setiap kertasnya punya tujuan dan cerita tersendiri. Yang pada akhirnya ketiga kertas itu hanya jadi sejarah dan memiliki cerita unik di belakangnya. Good luck guys. Tong poho di kosan si ikiw. <2/2>
Pada awalnya, banyak yang menganggap jika hal ini hanya rekayasa. Belum dapat dipastikan hal tersebut ...
Media Removed
Pada awalnya, banyak yang menganggap jika hal ini hanya rekayasa. Belum dapat dipastikan hal tersebut memang terjadi, tetapi terdapat bukti foto yang menandakan jika seorang prajurit tersebut kehilangan bagian bawah rahangnya. Hal ini diakibatkan serangan musuh pada masa Perang ... Pada awalnya, banyak yang menganggap jika hal ini hanya rekayasa. Belum dapat dipastikan hal tersebut memang terjadi, tetapi terdapat bukti foto yang menandakan jika seorang prajurit tersebut kehilangan bagian bawah rahangnya. Hal ini diakibatkan serangan musuh pada masa Perang Dunia II silam.
.
Beberapa orang mungkin mengatakan jika orang tersebut beruntung karena masih bisa hidup. Tetapi faktanya setelah kejadian tersebut, ia tidak pernah bisa makan, berbicara, tersenyum, tertawa atau hal lainnya yang bisa dilakukan dengan mulutnya dulu.
.
Jika dilihat, mungkin yang terjadi oleh pria ini benar-benar mengerikan. Tapi meski begitu, tubuhnya cukup kuat untuk membuatnya bertahan hidup. Hal ini termasuk hal yang luar biasa, jika melihat penanganan medis pada saat Perang Dunia II hanya alakadarnya.
.
Mungkin agar membuat prajurit tersebut bertahan hidup, dokter yang menanganinya saat itu menggunakan heroin dengan dosis yang sangat kuat sehingga pria ini mampu menahan rasa sakit setelah nyaris kehilangan separuh bagian wajahnya.
.
Bagaimana pendapatmu tentang kejadian ini? Apakah benar jika seseorang bisa tetap hidup meskipun sudah kehilangan rahangnya?
.
Penulis: Mitos
.
#indonesia #cerita #mitos #fakta #sejarah #jakarta #konspirasi #luarangkasa #mitologi #misteri #ceritadanmitos #perangduniaII #prajurit #duniamedis
Read more
Cikal Bakal Hari Valentine Sebenarnya ada banyak versi yang tersebar berkenaan dengan asal-usul Valentine’s Day. Namun, pada umumnya kebanyakan orang mengetahui tentang peristiwa sejarah yang dimulai ketika dahulu kala bangsa Romawi memperingati suatu hari besar setiap tanggal ... Cikal Bakal Hari Valentine

Sebenarnya ada banyak versi yang tersebar berkenaan dengan asal-usul Valentine’s Day. Namun, pada umumnya kebanyakan orang mengetahui tentang peristiwa sejarah yang dimulai ketika dahulu kala bangsa Romawi memperingati suatu hari besar setiap tanggal 15 Februari yang dinamakan Lupercalia. Perayaan Lupercalia adalah rangkaian upacara pensucian di masa Romawi Kuno (13-18 Februari). Dua hari pertama, dipersembahkan untuk dewi cinta (queen of feverish love) Juno Februata. Pada hari ini, para pemuda mengundi nama–nama gadis di dalam kotak. Lalu setiap pemuda mengambil nama secara acak dan gadis yang namanya keluar harus menjadi pasangannya selama setahun untuk senang-senang dan dijadikan obyek hiburan. Pada 15 Februari, mereka meminta perlindungan dewa Lupercalia dari gangguan srigala. Selama upacara ini, kaum muda melecut orang dengan kulit binatang dan wanita berebut untuk dilecut karena anggapan lecutan itu akan membuat mereka menjadi lebih subur.

Ketika agama Kristen Katolik menjadi agama negara di Roma, penguasa Romawi dan para tokoh agama katolik Roma mengadopsi upacara ini dan mewarnainya dengan nuansa Kristiani, antara lain mengganti nama-nama gadis dengan nama-nama Paus atau Pastor. Di antara pendukungnya adalah Kaisar Konstantine dan Paus Gregory I (The Encyclopedia Britannica, sub judul: Christianity). Agar lebih mendekatkan lagi pada ajaran Kristen, pada 496 M Paus Gelasius I menjadikan upacara Romawi Kuno ini menjadi Hari Perayaan Gereja dengan nama Saint Valentine’s Day untuk menghormati St. Valentine yang kebetulan mati pada 14 Februari (The World Book Encyclopedia 1998). Kaitan Hari Kasih Sayang dengan Valentine

The Catholic Encyclopedia Vol. XV sub judul St. Valentine menuliskan ada 3 nama Valentine yang mati pada 14 Februari, seorang di antaranya dilukiskan sebagai yang mati pada masa Romawi. Namun demikian tidak pernah ada penjelasan siapa “St. Valentine” yang dimaksud, juga dengan kisahnya yang tidak pernah diketahui ujung-pangkalnya karena tiap sumber mengisahkan cerita yang berbeda. ....berlanjut di kolom komentar.
Read more
Update: Koran yang memuat kisah kecelakaan Jacquelline dan Joanna kami sertakan di Instagram ...
Media Removed
Update: Koran yang memuat kisah kecelakaan Jacquelline dan Joanna kami sertakan di Instagram Stories @ceritadanmitos . Tanggal 5 Mei 1957. Kakak beradik Jacquelline dan Joanna Pollock sedang berjalan bersama temannya Anthony Layden menuju gereja. Mereka memang berasal dari keluarga ... Update: Koran yang memuat kisah kecelakaan Jacquelline dan Joanna kami sertakan di Instagram Stories @ceritadanmitos
.
Tanggal 5 Mei 1957. Kakak beradik Jacquelline dan Joanna Pollock sedang berjalan bersama temannya Anthony Layden menuju gereja. Mereka memang berasal dari keluarga yang taat beragama. Pergi ke gereja adalah kegiatan rutin mereka setiap minggu.
.
Namun di tengah perjalanan, sebuah mobil melaju kencang tepat ke arah mereka bertiga dan tabrakan pun tidak terhindarkan. Ketiga anak itu terpental dan terbanting ke tanah. Mereka bertiga tewas di tempat dengan tubuh dan wajah yang bersimbah darah.
.
Mengetahui hal tersebut, hati orang tua Jacquelline dan Joanna pun sangat hancur. Keduanya menangis meraung-raung meratapi kepergian sang buah hati. Khususnya John, sang ayah. Untuk menguatkan dirinya dan sang istri, John pun yakin bahwa mereka bakal segera memiliki anak lagi selepas kepergian Jacquelline dan Joanna.
.
Setahun kemudian keyakinan itu benar terjadi. Florence, istri John, melahirkan sepasang anak perempuan kembar yang kemudian dinamai Gillian dan Jennifer.
.
Seiring pertumbuhan anak kembarnya tersebut, John dan Florence pun mulai menyadari sebuah hal yang mengherankan; Gillian dan Jennifer memiliki bekas luka di bagian dahi seperti anak terdahulunya. Tidak hanya itu, Gillian dan Jennifer juga memiliki tanda lahir di posisi yang sama.
.
Kondisi semakin mengherankan ketika Gillian dan Jennifer mengetahui tempat-tempat yang dulunya sering didatangi Jacquelline dan Joanna, salah satunya adalah sekolah dan gerejanya. Yang lebih aneh, Gillian dan Jennifer selalu ketakutan ketika melihat mobil yang sedang melaju. Kerap mereka berdua berteriak bahwa mobil itu akan menabrak mereka.
.
Keanehan itu sendiri kemudian berakhir ketika Gillian dan Jennifer berusia 5 tahun. Mereka mulai lupa tentang apa yang terjadi di kehidupan mereka sebelumnya dan mulai tumbuh layaknya perempuan normal pada umumnya.
.
Penulis: Cerita
.
#CeritadanMitos #Pollock #Cerita #Mitos #Indonesia #UrbanLegend #Sejarah #Horror #TeoriKonspirasi #Legenda
Read more
“SELAMAT HARI BUKU 2018”. - - Saya bukan Penulis hebat, bukan pula ahli sastra. Saya tak suka membaca ...
Media Removed
“SELAMAT HARI BUKU 2018”. - - Saya bukan Penulis hebat, bukan pula ahli sastra. Saya tak suka membaca buku, apalagi bermimpi menulis sebuah buku. Tapi saya teringat akan Imam Alghazali “Jika kamu bukan anak seorang Raja atau Ulama Besar, maka MENULISLAH.” Maka bagiku sekarang menulis ... “SELAMAT HARI BUKU 2018”. - -
Saya bukan Penulis hebat, bukan pula ahli sastra. Saya tak suka membaca buku, apalagi bermimpi menulis sebuah buku. Tapi saya teringat akan Imam Alghazali “Jika kamu bukan anak seorang Raja atau Ulama Besar, maka MENULISLAH.” Maka bagiku sekarang menulis adalah berbagi untuk sebuah cerita tentang keabadian. - -
Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian. Pramoedya Ananta Toer - - Sampai ketemu di bulan July ya untuk Open PO buku Ke 3 “Perjalanan Suci Menuju Surga Cinta”. - - - @muhammad_asary #selamatharibuku2018
Read more
Pura Petitenget, Dulunya Hanya Sebuah Hutan Angker. Seminyak perlahan tapi pasti mengikuti ...
Media Removed
Pura Petitenget, Dulunya Hanya Sebuah Hutan Angker. Seminyak perlahan tapi pasti mengikuti jejak terkenal yang telah diambil oleh Kuta dan Legian dimana keramaian perlahan2 mulai mengisi wilayah tersebut dan beberapa tempat yg menarik menawarkan kualitas bintang lima di Petitenget. Petitenget ... Pura Petitenget, Dulunya Hanya Sebuah Hutan Angker.

Seminyak perlahan tapi pasti mengikuti jejak terkenal yang telah diambil oleh Kuta dan Legian dimana keramaian perlahan2 mulai mengisi wilayah tersebut dan beberapa tempat yg menarik menawarkan kualitas bintang lima di Petitenget.

Petitenget adalah sebuah pura berbau magis di daerah pantai nan eksotis berpasir emas di Banjar Batu Belig, #Kerobokan, Kuta Utara, #Badung.

Sejarah tempat ini tidak begitu terkenal seperti yang kita bayangkan dari cerita-cerita saat ini. Peti memiliki artian dari peti yang sebenarnya dan Tenget berarti angker.

Pura ini dibangun pada abad ke-15, dan sejarah menyebutkan bahwa tempat ini merupakan wilayah alam liar yg dipenuhi semak dan pohon2 besar.

Sejarah Pura dimulai ketika Pendeta Dang Hyang Dwijendra meninggalkan Pulau Serangan dan tiba di sebuah desa yg sekarang dikenal sebagai Kerobokan.

Di desa beliau melihat bayangan berukuran raksasa bersembunyi di balik semak2. Beliau menyebut bayangan tersebut Bhuta Ijo, anak dari Bhatara Labuhan Masceti.

Sebelum Pendeta tersebut meninggalkan desa, ia memberi Bhuta Ijo kotak seperti peti dan memintanya untuk menjaga kotak tersebut. Setelah beberapa saat selama meditasi di Pura Uluwatu, Dang Hyang Dwijendra memiliki pengunjung dari Desa Kerobokan yang datang untuk meminta bantuan. Orang2 dari desa mengatakan kepada Dang Hyang Dwijendra tentang tanah di dekat desanya yang sangat misterius karena setiap kali seseorang mencoba memasuki tanah tersebut, orang yang bersangkutan akan jatuh sakit.

Sebagai solusinya, Dang Hyang Dwijendra kepada orang tersebut agar membangun Pura dan melakukan persembahan di Pura tersebut. Jadi Pura dibangun di daerah tersebut dan ajaibnya berhasil membuat daerah itu menjadi lebih ramah terhadap penduduk. Pura itu kemudian disebut  #Pura #Petitenget.

Tidak ada suasana menyeramkan lagi, terutama saat ini, ketika Pura ini dikelilingi oleh villa, hotel, dan restoran.

Dan kini Petitenget makin populer dgn adanya Festival Petitenget, cek agendanya di www.petitengetfestival.com dan follow @petitengetfestival

#sejarah  #bali  #sejarahbali

www.sejarahbali.com

sumber : blog.isi-dps.ac.id, foto: urbanestinn.co.id
Read more
Sekte Aghori menganggap Dewa Siwa sebagai entitas yang absolut; omnipotence (maha kuasa), omnipresence ...
Media Removed
Sekte Aghori menganggap Dewa Siwa sebagai entitas yang absolut; omnipotence (maha kuasa), omnipresence (ada di mana-mana), dan omniscient (maha tahu). Semua yang terjadi di dunia adalah atas seijin Dewa Siwa. . Tidak sembarang orang bisa menjadi Aghor (sebutan bagi pengikut sekte ... Sekte Aghori menganggap Dewa Siwa sebagai entitas yang absolut; omnipotence (maha kuasa), omnipresence (ada di mana-mana), dan omniscient (maha tahu). Semua yang terjadi di dunia adalah atas seijin Dewa Siwa.
.
Tidak sembarang orang bisa menjadi Aghor (sebutan bagi pengikut sekte Aghori). Mereka harus minum air atau makan abu mayat kremasi, melumuri seluruh badan dengan abu jenazah, dan mencari tengkorak kepala manusia lalu menjadikannya tempat untuk makan dan minum sehari-hari.
.
Salah satu hal yang paling banyak dibicarakan orang tentang para Aghor adalah ritual makan daging manusia. Tiap Aghor beranggapan bahwa semua hal di dunia adalah baik adanya, maka itu mereka tidak ragu untuk makan bangkai hewan, feses manusia, minum urin sendiri, hingga memakan daging sisa jenazah yang tidak habis termakan api ketika dikremasi. Mereka tidak peduli apakah daging itu dalam kondisi mentah, setengah matang, matang, atau bahkan busuk sekalipun.
.
Para pengikut sekte ini percaya bahwa memakan daging manusia adalah bentuk penyatuan diri mereka dengan alam.
.
Namun meski menyeramkan, para pemuka sekte Aghori ternyata adalah orang yang disegani di India. Mereka dianggap suci dan sakti karena salah satu kemampuan mereka dalam mengusir setan dan mendatangkan setan apabila mereka mau. Tidak jarang para wanita rela dipersetubuhi oleh para Aghor dan merasa bangga karena telah berhubungan dengan orang yang suci.
.
Hal lain yang menarik dari sekte Aghori adalah mereka percaya bahwa penyakit mematikan seperti AIDS dan kanker, dapat disembuhkan dengan meminum minyak yang berasal dari jasad manusia.
.
Penulis: Cerita
Ilustrasi: Black Paintings by Francisco de Goya (1819)
.
#CeritadanMitos #Aghori #India #Cerita #Mitos #Indonesia #UrbanLegend #Sejarah #Horror #TeoriKonspirasi #Legenda
Read more
Dari pihak keluarga, Nining dikabarkan hilang akibat tenggelam di laut pada tanggal 7 Januari ...
Media Removed
Dari pihak keluarga, Nining dikabarkan hilang akibat tenggelam di laut pada tanggal 7 Januari 2017. Saat itu Nining diceritakan terseret ombak lalu hilang tanpa jejak. Tim SAR setempat pun mengonfirmasi kisah tersebut dengan memberikan konfirmasi mengenai tanggal pelaporan. . Lalu ... Dari pihak keluarga, Nining dikabarkan hilang akibat tenggelam di laut pada tanggal 7 Januari 2017. Saat itu Nining diceritakan terseret ombak lalu hilang tanpa jejak. Tim SAR setempat pun mengonfirmasi kisah tersebut dengan memberikan konfirmasi mengenai tanggal pelaporan.
.
Lalu beberapa hari sebelum akhirnya Nining ditemukan, Wanda, anak Nining, mengaku kakeknya sering bermimpi tentang Nining yang minta dijemput di Pantai Citepus. Merasa bahwa ibunya masih hidup pihak keluargapun memutuskan untuk kembali mencari Nining di lokasi tersebut. Sekitar pukul 24.00, Nining ditemukan dalam kondisi hidup dengan pakaian yang sama, sandal yang sama dan tanpa luka sedikitpun.
.
Namun pihak Balawista Palabuhan Ratu, berdasarkan informasi yang kami himpun dari TribunNews menyatakan hal yang mungkin berbeda.
.
Adalah Asep Edom Saefulah yang menuturkan bahwa memang benar pihak keluarga melaporkan hilangnya Nining pada tanggal 7 Januari 2017, namun laporan menyatakan bahwa Nining "hilang terpisah dari rombongan" bukan "hilang tenggelam di laut."
.
Edom mengatakan telah melakukan pencarian pasca pihak keluarga melaporkan hilangnya Nining, namun Ia tetap tidak ditemukan. Pihak keluargapun berasumsi Nining telah terseret ombak namun Edom menyangsikan hal itu karena saksi di lokasi sekitar tidak ada yang melihat orang terseret ombak.
.
"Informasi itu tentu ditindaklanjuti di lapangan, dicek pencarian di darat enggak ada. Kemudian keluarga bilang takut tenggelam, saya tanya anggota dan saksi di sekitar lokasi ternyata tidak ada informasi orang tenggelam. Setelah itu keluarga kita arahkan melapor ke Polisi. Setelah itu muncul kabar Nining hilang tenggelam," kata Edom.
.
Nah, bagaimana menurut kamu? Apakah Nining memang hilang tenggelam di lautan selama 1,5 tahun? Atau ada kisah lain terkait hal ini? Atau mungkin Nining adalah seorang time traveller? Diculik alien lalu dikembalikan 1 tahun kemudian? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar.
.
Penulis: Cerita
.
#CeritadanMitos #PantaiSelatan #Alien #Cerita #Mitos #Indonesia #UrbanLegend #Sejarah #Horror #TeoriKonspirasi #Legenda
Read more
Selamat Malam Jambi. . Sejarah dibalik Tugu Juang, Kota Jambi Kawasan Simpang Tiga Sipin, ...
Media Removed
Selamat Malam Jambi. . Sejarah dibalik Tugu Juang, Kota Jambi Kawasan Simpang Tiga Sipin, menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Jambi saat agresi militer II. Banyak Kota di Indonesia, punya monumen sejarah yang menyimpan cerita perjuangan. Bila Anda melintasi Simpang Tiga Sipin, ... Selamat Malam Jambi.
.
Sejarah dibalik Tugu Juang, Kota Jambi

Kawasan Simpang Tiga Sipin, menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Jambi saat agresi militer II.
Banyak Kota di Indonesia, punya monumen sejarah yang menyimpan cerita perjuangan.

Bila Anda melintasi Simpang Tiga Sipin, Kota Jambi, Anda akan melihat sebuah patung pejuang membawa bambu runcing, masyarakat Jambi menyebutnya tugu juang.

Tugu ini dibangun untuk mengenang pertempuran pada 29 Desember 1946, saat agresi militer II. Junaidi T Noor, Sejawaran dan Budayawan Jambi mengatakan waktu itu pemerintah melakukan politik “Bumi Hangus Kota Jambi, Kenali Asam Menjadi Lautan Api”.
--
Inilah yang melatarbelakangi dibangunnya Monumen Tugu Juang di kawasan tersebut. “Sejumlah pertempuran yang pernah terjadi di Jambi, yang melatarbelakangi dibangunnya Tugu Juang di Simpang Tiga Sipin tersebut, adalah Pertempuran di Simpang Tiga Sipin antara pasukan Belanda dengan tentara dan rakyat RI. Pertempuran ini mengakibatkan gugurnya 100 orang tentara dan rakyat di sekitar Tugu Juang. Pemerintah dan TNI melaksanakan politik bumi hangus Kota Jambi, Kenali Asam menjadi lautan api,”.
--
Tugu Juang ini juga menggambarkan sejumlah pertempuran lain yang tercatat di sana. Misalnya, pertempuran Kapal TNI Alnuri I dengan kapal perang Belanda di Kuala Betara Tanjung Labu Kabupaten Tanjung Jabung.

Selanjutnya, pertempuran pasukan Selempang Merah bersama TNI di Sungai Pengabuan Kuala Tungkal yang menyerang kapal perang Belanda. Kemudian pertempuran antara TNI dan rakyat melawan pasukan Belanda di Batanghari, Tanjungjabung, Sarolangun, Bangko, Bungo Tebo dan Kerinci.

Tidak hanya catatan tentang pertempuran saja yang digambarkan di Tugu Juang. Tulisan yang didukung oleh gambar juga memuat sejumlah peristiwa penting, seperti lanjutan sidang UNCI (United Nation Comision onIndonesia) di Muaro Tembesi dan pembicaraan oleh lokal Oint Comitte di Jambi.

Hal inilah yang membawa pasukan-pasukan TNI dan pemerintah kembali ke Kota Jambi. Sejak hari itu, wilayah Jambi sepenuhnya dikuasai pemerintah Republik Indonesia.
.
.
.

Photo by: @muhammaddonigustian
Narration edit: @Taujambi
Source: Tribun Jambi

#TauJambi #Jambi #sajarahjambi
Read more
Semangat Kemerdekaan Sejarah dibalik Tugu Juang, Kota Jambi Kawasan Simpang Tiga Sipin, menjadi ...
Media Removed
Semangat Kemerdekaan Sejarah dibalik Tugu Juang, Kota Jambi Kawasan Simpang Tiga Sipin, menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Jambi saat agresi militer II. Banyak Kota di Indonesia, punya monumen sejarah yang menyimpan cerita perjuangan. Bila Anda melintasi Simpang Tiga Sipin, ... Semangat Kemerdekaan Sejarah dibalik Tugu Juang, Kota Jambi

Kawasan Simpang Tiga Sipin, menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Jambi saat agresi militer II.
Banyak Kota di Indonesia, punya monumen sejarah yang menyimpan cerita perjuangan.

Bila Anda melintasi Simpang Tiga Sipin, Kota Jambi, Anda akan melihat sebuah patung pejuang membawa bambu runcing, masyarakat Jambi menyebutnya tugu juang.

Tugu ini dibangun untuk mengenang pertempuran pada 29 Desember 1946, saat agresi militer II. Junaidi T Noor, Sejawaran dan Budayawan Jambi mengatakan waktu itu pemerintah melakukan politik “Bumi Hangus Kota Jambi, Kenali Asam Menjadi Lautan Api”.
--
Inilah yang melatarbelakangi dibangunnya Monumen Tugu Juang di kawasan tersebut. “Sejumlah pertempuran yang pernah terjadi di Jambi, yang melatarbelakangi dibangunnya Tugu Juang di Simpang Tiga Sipin tersebut, adalah Pertempuran di Simpang Tiga Sipin antara pasukan Belanda dengan tentara dan rakyat RI. Pertempuran ini mengakibatkan gugurnya 100 orang tentara dan rakyat di sekitar Tugu Juang. Pemerintah dan TNI melaksanakan politik bumi hangus Kota Jambi, Kenali Asam menjadi lautan api,”.
--
Tugu Juang ini juga menggambarkan sejumlah pertempuran lain yang tercatat di sana. Misalnya, pertempuran Kapal TNI Alnuri I dengan kapal perang Belanda di Kuala Betara Tanjung Labu Kabupaten Tanjung Jabung.

Selanjutnya, pertempuran pasukan Selempang Merah bersama TNI di Sungai Pengabuan Kuala Tungkal yang menyerang kapal perang Belanda. Kemudian pertempuran antara TNI dan rakyat melawan pasukan Belanda di Batanghari, Tanjungjabung, Sarolangun, Bangko, Bungo Tebo dan Kerinci.

Tidak hanya catatan tentang pertempuran saja yang digambarkan di Tugu Juang. Tulisan yang didukung oleh gambar juga memuat sejumlah peristiwa penting, seperti lanjutan sidang UNCI (United Nation Comision onIndonesia) di Muaro Tembesi dan pembicaraan oleh lokal Oint Comitte di Jambi.

Hal inilah yang membawa pasukan-pasukan TNI dan pemerintah kembali ke Kota Jambi. Sejak hari itu, wilayah Jambi sepenuhnya dikuasai pemerintah Republik Indonesia.
.
.
.

Photo by: @fernando_chaniago12
Narration edit: @Taujambi
Source: Tribun Jambi

#TauJambi #Jambi #SajarahJambi
Read more
Never get bored of Borobudur, meskipun udah kesini terus-terusan dari jam sekolah dulu, suruh ...
Media Removed
Never get bored of Borobudur, meskipun udah kesini terus-terusan dari jam sekolah dulu, suruh cari bule buat di interview buat tugas bahasa inggris juga pelajaran sejarah, ternyata sampe sekarang pun masih begitu ya, coba jujur siapa yang pernah ngalamin juga? Gue inget banget dengan ... Never get bored of Borobudur, meskipun udah kesini terus-terusan dari jam sekolah dulu, suruh cari bule buat di interview buat tugas bahasa inggris juga pelajaran sejarah, ternyata sampe sekarang pun masih begitu ya, coba jujur siapa yang pernah ngalamin juga? Gue inget banget dengan bahasa inggris seadanya gue cuma bisa bilang, “mister, ceklek ceklek together?” *sambil meragain orang mencet kamera biar dia ngerti, hahaha. Well time flies, sekarang gue kesini makin ngehargain nilai sejarah yang ada disini, gue tau lebih banyak hal lagi tentang Borobudur, misalnya beberapa cerita relief yang ada disini, this place is amazing, ga kalah sama Angkor Wat di Kamboja atau temple-temple terkenal lainnya, kalo ga mau panas dan rame, dateng kesini bayar mahal sedikit buat entrance fee pas sunrise / sunset dan pake guide, jadi lebih menarik, cobain sendiri deh, jadi nanti kalo ke Borobudur terus foto, captionnya bukan cuma “playing tourist at Borobudur” lol. #Borobudur
Read more
Regrann from @narasi.tv - Pernah perhatiin nama orang Minang yang kebarat-baratan? Contohnya Philips Vermonte, Faldo Maldini atau bahkan, nama kamu atau teman kamu sendiri. . Ada yang tahu kenapa dan bagaimana sih sejarahnya? . Buka Buku "Nama Barat di Tanah Minang" bakal kasih ... Regrann from @narasi.tv - Pernah perhatiin nama orang Minang yang kebarat-baratan? Contohnya Philips Vermonte, Faldo Maldini atau bahkan, nama kamu atau teman kamu sendiri.
.
Ada yang tahu kenapa dan bagaimana sih sejarahnya?
.
Buka Buku "Nama Barat di Tanah Minang" bakal kasih kamu referensi buku tentang sejarah unik dibalik nama-nama ini bareng @fentyeffendy21 di YouTube Nara-Z
.
Yang punya cerita unik dibalik namanya boleh share di kolom komen yaa 😊
.
#BukaBuku #Narasitv #NaraZ #NarasiChannel #NajwaShihab #MataNajwa #BedaMasaBedaCerita
Read more
Loading...